20 Juli, 2009

Tips Optimasi Blog Di Kontes Seo Untuk Pemula

Penulis Blog Bisnis Online pemula ingin memberikan sedikit tips serta berbagi pengalaman pertama untuk anda khususnya peserta kontes seo (Search Engine Optimization) pemula, jadi.. jika ada master seo yang membaca jangan menertawakan serta dimohon koreksi dan masukannya dengan sangat!! karena kemungkinan Tips Optimasi Blog di kontes Seo Untuk Pemula ini banyak salahnya.. :)

Sebelumnya boleh percaya atau tidak, saya disini hanya memberikan tips cara mengoptimasikan artikel blog di ajang kontes Seo Menurut pengalaman pertama saya, dengan maksud tentunya agar posisi peringkat blog kontes anda di search engine google lebih baik dari sebelumnya.

Ada dua cara dalam melakukan teknik seo blog kontes yaitu Optimasi SEO On Page Vs Off-Page.

Optimasi SEO Off Page :
  1. Backlink
    Betul sekali, backlink merupakan salah satu faktor SEO Off page yang paling mempengaruhi blog terhadap serps, namun perlu anda ketahui backlink harus di sesuaikan dengan target data center search engine. Misalnya anda ingin membuat blog/ artikel kontes seo tampil di halaman pertama Search Engine Indonesia (google.co.id), maka anda harus mengumpulkan banyak backlink dari blog/ situs-situs yang menggunakan bahasa Indonesia.
    Ini pengalaman baru saya rasakan di ajang kontes seo Rusli Zainal Sang Visioner atau juga Stop Dreaming Start Action dimana bisa saya pastikan untuk sekarang mungkin backlink terbanyak pada artikel kontes tersebut sementara adalah kedua postingan kontes saya. Lalu kemudian kenapa postingan tersebut koq posisinya tidak sesuai harapan???
    Benar Serps blog saya memang kalah di google Indonesia namun jika anda buka di google.com maka anda akan melihat sebaliknya yaitu menduduki Peringkat 1. Mengapa itu bisa terjadi??
    Itu semua di sebabkan karena saya banyak mengumpulkan Backlink dari blog luar/ berbahasa asing. INI MENANDAKAN BAHWA TARGET BACKLINK SANGAT MEMPENGARUHI.
  2. Blog Dummy
    Blog Dummy/ Blog Pendukung juga mempunyai peranan penting untuk mendongkrak Serps pada artikel kontes blog anda, Tentunya blog dummy berkualitas.
    Pertama, Berkualitas menurut saya adalah blog dummy yang teroptimasi, bukan blog baru saja di buat.
    Kedua adalah blog yang mempunyai IP address/domain/ subdomain berbeda.
    Contoh: misalkan anda menggunakan domain gratisan seperti blog bisnis online ini yaitu memakai sub domain blogspot maka akan lebih optimal pengoptimasiannya jika anda menggunakan blog dummy dengan subdomain wordpress, dagdigdug, blogcantik, dsb.
Optimasi SEO On Page
  1. Update Blog
    Selain teknik seo Off-page tentunya porsi update blog juga membawa pengaruh, namun jangan terlalu sering karena kita tahu kalau google paling tidak suka jika di perkosa paksa. :)
  2. Title Blog di Sesuaikan Dengan Target Kata Kunci/ Keyword yang dipertandingkan di ajang kontes SEO.
    jika ingin lebih optimal dalam optimasi blog kontes seo yaitu merubah Title blog/ menambahkan Keyword/ kata kunci tema blog anda, tapi konsekwensinya adalah mungkin serps blog anda di google pada halaman index sebelumnya akan berpengaruh dan kemungkinan mengalami penurunan peringkat, bahkan bisa-bisa PageRank nya anjlok. (ini perkiraan saya loch, alnya sebagian algoritma pagerank di hitung berdasarkan relevansi, jika dirubah berarti anda memiliki niche baru)
  3. Outbound Link
    Menekan Outbound Link/ eksternal link atau link yang mengarah keluar, coba perhatikan point 1 diatas yaitu backlink. okeh.. kita berfikir logika saja..! Percuma saja kita mencari dan membangun banyak backlink (Inbound Link) dengan susah payah baik dengan cara ber komentar di blog dofollow maupun melalui blog dummy, jika kemudian harus dibagikan dengan point/ jumlah outbound link. (balik modal donk?? Hehe..). namun yang menjadi kendala dari hosting gratisan seperti blogpot agak sulit diterapkan kecuali anda menggunakan 1 widget saja.. hehe..
Nah.. mudah-mudahan tips optimasi seo untuk pemula ala blog bisnis online diatas dapat memberikan solusi serta sedikit membantu anda yang baru pertama kali terjun di kontes seo seperti saya. Jikalau anda ada tips baru atau pengalaman cara optimasi blog yang lebih mantab kasih tahu ya…!!! Jangan pelit sama ilmu soalnya gak di bawa mati. :P..

47 komentar:

  1. wow keren buanget nih kang...cara optimasinya...tapi kalo seo itu capek gag yah...soalnya menurut orang-orang cape katanya

    BalasHapus
  2. @nyegik: Kalau cuma optimasi biasa sich gak cape, tp kalau ikut kontes seo ya harus capek kalo pengen menang. hehe..

    BalasHapus
  3. Koq saya belum mudeng ya..apa yg dimaksud dgn Blog Dummy sih..?

    BTW, Saya pasang link anda di blog saya ya..

    BalasHapus
  4. Penjelasannya lengkap Mas, bagi yang ikut kontes tulisan ini wajib dibaca.....

    BalasHapus
  5. Tips yang mantap mas benny, setelah sekian lama penasaran trik apa yang dipakai mas benny. Ternyata ini tho rahasianya...Tanya mas, penyebaran link melalui iklan baris efektif ga ?. Terimakasih

    Ricky,

    BalasHapus
  6. wah wah jadi pengen belajar lebih jauh nih ....
    maklum newbie

    BalasHapus
  7. bagi saya untuk meningkatkan page rank di google itu gampang. mungkin cuma butuh sebulan. yang terpenting adalah memperbanyak backlink dari blog luar negeri. dan jangan lupa ajak teman-teman blogger yang mempunyai pagerank satu untuk bertukar link...

    BalasHapus
  8. wah mantep ben...thank's ya.

    BalasHapus
  9. @Azzam: Maksudnya???
    @theo: makasih ya link nya, nanti saya pasang juga..
    @Rudy: belum lengkap mas, masih banyak lagi, ini adalah cara lama. kita tahu kalau google selalu mengupdate algoritma serps nya. jadi saya yakin ada cara baru lg yg lebih efektif dari cara diatas, tapi sayangnya sy belum ketemu. maklum newby.. :)
    @Peluang Bisnis: bisa mas, cuma biasanya cara itu hanya untuk sesaat. dan jgn pernah menggunakan software iklan massal, karena akan dikira google spam index dan peringkatnya bisa2 malah down..!!
    @fendix: Sama koq, sy jg newby.. kt sm2 belajar yuk..! :)
    @Wiryo: yup cara pertama memang gampang, dari pada cara kedua. cari backlink di indonesia lebih sulit.
    @aneka tips: terima kasih kembali.

    BalasHapus
  10. Walah makasih dah ngasih tahu ben hahahah...dah dibenerin tuh :). Makasih ya,,,

    BalasHapus
  11. iya nih mas..memang modelnya sprt ini ya optimasi kontes SEO.. ikutan ronda pagi aja yah..

    BalasHapus
  12. thanks tipsnya mas
    oh ya, jangan lupa juga sering sapa2 di shoutbox blogger lain

    BalasHapus
  13. thx share nya mas.. buat nambah ilmu neh...
    oya kmaren di keyword "stop dreaming start action" sama "rusli zainal sang visioner" sempet di urutan pertama ya....???? met berjuang deh...

    eh ya mas... minta tolong nih ...
    cara nambahin single sidebar di template mas ini gimana ya...???
    chungkring@gmail.com

    BalasHapus
  14. @anekatips: Oke dech.. same2
    @Yusa: monggo mas.. silakan.. hehe..
    @Janu: Yup.. segera meluncur dan menyapa.. :)
    @Aditya R:
    coba kode CSS ama xml nya diambil dari kode sidebar diatasnya.. terus kemudian rubah urutan nomor2nya..! klo gak cari artikelnya di blog kolom-tutorial.blogspot.com.

    BalasHapus
  15. Tips yang sangat bagus tuh, kalau diimplementasikan secara berkala maka hasilnya akan terasa

    BalasHapus
  16. info yang menarik mas ^^
    oia mas...
    leh nanya ga, blogspot itu batas buat bikin posting ampe berapa yah?? apa unlimited...??

    BalasHapus
  17. Sukses selalu, semoga kontesnya menang
    boleh dong tuker link :-D

    BalasHapus
  18. boss, aku mau pasang banner, hubungin ya di ym gw shinichi_ozy[at]yahoo[dot]com

    BalasHapus
  19. wiiih muantabbb bos...sukses selalu selalu sukses.

    BalasHapus
  20. mas tolong bantuannya, saya pemula bgt.
    kasih tau dong tips dan trik nya, biar blog saya terpilih pd SEO.
    http://koretanlah.blogspot.com

    BalasHapus
  21. wah trims infonya,,,tips seo on page dan off page nya sangat bagus untuk di terapkan, dan kayaknya saya terbaca di kolom komentar ada efeknya kirim iklan massal dengan seo,,,trims infonya

    salam

    fikri

    BalasHapus
  22. trm kasih boss infonya.
    semoga bermanfaat utk blog ku.
    tq bgt

    BalasHapus
  23. artikel-artikel sobat banyak sekali yang membantu, terus posting bro..satu kata aja "keren bisa dapat ide2 postingan yang jarang kayak gini.!!!"

    BalasHapus
  24. kontes seo memang benar-benar melelahkan selain menjalankan tips" onpage dan offpage juga perlu menanmkan slogan <a href="http://1stbgzsite.blogspot.com/2009/12/kerja-keras-adalah-energi-kita-untuk_18.html:><b>kerja keras adalah energi kita</b></a>...TT mau nangis gw..

    BalasHapus
  25. Ini tambahan ilmu buat saya. Thanks bro!

    BalasHapus
  26. Permisi Masta, saya bukan pebisnis online, saya cuma orang biasa yg ingin berbagi info tentang manfaat ganja atau cannabis sativa untuk kesehatan dan industi. saya juga ingin mensosialisasikan bahwa ganja tidak beresiko tinggi seperti miras, heroin dan cocain.

    BalasHapus
  27. Thx atas infonya. Bagus juga untuk pemula seperti saya.. hehehehee..

    BalasHapus
  28. Dudiw Co Tv adalah tempat belajar SEO dan belajar ngeblog seorang blogger pemula.

    BalasHapus
  29. Tips yang sangat bagus dan sangat membantu bagi pemula seperti saya ini. Trims mas sudah mau berbagi. Boleh minta list Backlink dari blog luar/ berbahasa asing mas..? Salam

    BalasHapus
  30. kalo boleh minta tukerang link bisa gak om

    BalasHapus
  31. Sy bloger baru...ingi belajar banyak tetang SEO
    Thanks atas infonya

    BalasHapus
  32. makasih bangets nich mas tips nya..

    BalasHapus
  33. karena saya tak paham aturan seo maka saya tetap akan komen walaupun tak dianggap. Saya yakin semua pekerjaan takkan sia-sia.

    BalasHapus
  34. mksh mas,,,, semoga infony bermanfaat utk sy

    BalasHapus
  35. Kunjungan perdana di sini wow mantap kang infonya, mampir lihat blog ku juga yaw :)

    BalasHapus
  36. jadi gitu ya gan?saya masih belajar untuk optimasi kontes seo...

    BalasHapus
  37. Maaf, Lagi perlu backlink nih Gan

    BalasHapus
  38. terima kasih atas infonya.. tapi kenapa gak sekalian tulis tutorial toolnya? kan biar sekalian... kan ga semua dari kita paham b. inggris... makasih ya..

    BalasHapus
  39. buat saya yang sedang mencari peruntungan dari bisnis online,artikel agan ini sangat bermanfaat.. thanks gan...

    BalasHapus
  40. setelah mempraktikan seperti yang anda tulis ternyata memang benar harus ada optimasi offpage dan onpage...terimakasih banyak mas atas artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus

Tolong gunakan... http:// ...dalam memasukkan URL ..!!
NO SPAM..!