01 April, 2009

Tips SEO: Kesalahan Meletakkan Inbound Link di Blog

Dari judul diatas lebih lengkapnya “Tips Seo: 1 Kesalahan Meletakkan Inbound link di dalam Posting/ artikel Pada Blogger (blogspot)”, rasanya terlalu berlebihan dan kurang pantas untuk seorang penulis Artikel Bisnis Online pemula membahas topik mengenai Teknik dan Tips SEO mengingat kemampuan SEO hanya sepenggal.

Tapi terserah anda boleh percaya atau tidak, mau ngikutin ato enggak, Karena ini menurut pengalaman pendapat pribadi aja sich..? maksudnya terlepas dari terjadi entah itu kesalahan, kekeliruan atau pun ketidaktahuan dari sekian banyak Blogger yang menggunakan Platform Blogspot khususnya, dimana meletakkan Inbound Link pada setiap postingan blog. Mengapa terjadi kesalahan? admin Blog Bisnis Online menjawab! Begini ceritanya (Serial Televisi TPI “Kisah Nyata”) hehe.. !

Oke, saya coba bertanya apakah anda pernah meletakkan Inbound Link dengan Anchor Text di posting Blog mengarah ke Label/ katergory? Klo pernah ini berarti terjadi Teknik Optimasi SEO yang kurang tepat alias sia-sia.

Mungkin pernyataan Salah lebih tepatnya ditujukan bagi Blogger yang menerapkan Teknik Optimasi SEO karena terbilang percuma. Kita tahu tujuan utamanya meletakkan inbound link pada setiap postingan adalah mendapatkan backlink dari blog kita sendiri, selain itu juga memberikan kemudahan kepada pembaca/ pengunjung blog supaya mengetahui kategori tertentu pada salah satu postingan/ artikel yang berhubungan.

lihat contoh link ini:
http://bisnis-online-internet.blogspot.com/search/tips seo dan perhatikan tulisan yg warna merah !!

Nach sekarang coba buka browser dan ketik alamat file robots.txt anda.!
Ketik : http://NamaBlogAnda.blogspot.com/robots.txt

Hasilnya seperti Ini..!
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search

Sitemap: http://bisnis-online-internet.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated
Sekarang perhatikan yang warna orange, itu adalah perintah yang menunjukkan bahwa halaman Search seperti Label Post tidak mengijinkan untuk di Index oleh Robots karena ada perintah Disallow.  Jadi dalam hal ini percuma khan kita meletakkan inbound link kedalam posting blog yang mana tujuan utamanya mendapatkan backlink atau dengan mengharap Robots Search Engine menelusuri link tersebut, kecuali jika niatnya ingin memudahkan pembaca dengan memberikan link navigasi.

Akan tetapi alangkah lebih baiknya jika memberikan link langsung ketujuan artikel sebenarnya jadi pembaca tidak harus mencari lagi judul postingan dan mengklik lebih dari satu kali, dan kalau beruntung kita akan memperoleh Backlink dari halaman Blog kita sendiri.

Soo.. Buat rekan blogger blog bisnis online mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan, klo ada tambahan/ dan kekeliruan dari artikel SEO ini mohon beri masukannya..!

46 komentar:

  1. wah sy br tau juga nih teknik ini mas..sy cek memang robot.txt sy jg searchnya disallow..bnr jg nih..

    BalasHapus
  2. @Yusa: Tapi jangan percaya 100% ya mas, ntar kesasar.. hehe..

    BalasHapus
  3. mantap kang
    salam kenal
    byme

    BalasHapus
  4. Wah...makin mantep ben, memang label itu sangat susah di index oleh robot. Dan maksud utama dari blogger yang menggunakan tehnik ini hanya untuk meningkatkan page view :) . Nice info...

    BalasHapus
  5. okeh mantap bro infonya buat pemula seperti saya, hihihiii.... :)

    BalasHapus
  6. doh... kok gak ngeh.. OOT bgnt :(

    BalasHapus
  7. wah udah saya cek juga User-agent: *
    Disallow: /search... wah... terus gimana caranya??

    BalasHapus
  8. @byme: Yup, salam kenal juga..
    @Bisnis di internet | Seo-Bang ari: ya mas, lagian emang itu setting defaultnya dari blogger jg, mungkin tujuan utamanya menghindari duplikat Konten.
    @dedy21 & tiyo avianto: sama2.. thank ya udh mampir..
    @diary Pink: Bingung ya mbak? sama donk sy jg binun, hehe.. ya udh gak usah dipikirin. :)

    BalasHapus
  9. sumpah ape sekarang tu aq masih bingung ma namnya SEO

    BalasHapus
  10. met kenalan....
    apa gunanya seo and caranya gmana so aq kagak pernah mendapat jawaban yang memuaskan..

    BalasHapus
  11. wah informasinya bagus nih

    ada ebook bisnis gratis di
    http://jutawan.comyr.com

    BalasHapus
  12. wah..nice info ben,, baru tahu saya kalo ada dampak negatifnya..

    BalasHapus
  13. Inbound Link itu apaan ya bang???

    "Loch koq akhir2 ini postingan Casual Cutie selalu berbahasa inggris, apa udh bosan sm bahasa local.. atau mungkin pingin ganti format bahasa?"

    iya emang akir2 ini casual cutie postingannya pake b.inggris. bukan krn udah bosan sama bhs lokal. tp casual cutie lg bete & mati ide...hueeee

    BalasHapus
  14. Robot.txt blogspot bisa di utak utak, gak ya? :)

    BalasHapus
  15. @Casual Cutie: Inbound link sama dengan Internal Link, jadi intinya link yang mengarah kedalam baik dari blog/ site orang lain maupun blog kita sendiri.

    @Masarif: coba masuk ke google webmaster tools, kemudian klik Generate robots.txt ! atau coba baca di http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=83098&hl=en

    BalasHapus
  16. SEO tak ada matinya untuk dibahas, saya masih trial n' error, mencoba kemungkinan yang ada. Sambil belajar dari kesalahan. Info yang bermanfaat fren. Maju terus Bisnis Internet Online

    BalasHapus
  17. sudah cukup banget kok mas saran artikelnya... saya sudah buat blog tentang bisnis online tp kok ngak ke index google knp ya??

    tlg komentarnya tuk blog saya ya mas
    www.bisnisaan.blogspot.com

    BalasHapus
  18. mas lam kenal ya

    trus gman mas biar ke index google
    perasaan semua blog aq kok d disallow ya..

    tlg komentarnya ya,,,

    BalasHapus
  19. meletakkan info.txt di blogspot dimana seh??

    BalasHapus
  20. @kapanpun: Bukan Bisnis internet online akan tetapi Bisnis Online Internet.. hehe
    @oi aan & Samsi: sabar aja mas biasanya blog baru membutuhkan waktu sampai beberapa minggu.. coba submit ke sini!! http://www.google.com/addurl/?continue=/addurl
    @Delpiero10: hehe.. ya udh mas.. cuekin aja.. :)

    BalasHapus
  21. tipsnya boleh tuh, cuma g paham. rada telmi gua ya...
    main2 ya kang : http://bisnisaya.blogspot.com

    BalasHapus
  22. Pengalaman adalah guru terbaik. Sangat bermanfaat artikelnya. Good..good...

    BalasHapus
  23. Saya jg msh belajar nie mas... Ngintip ilmu2nya disini ya.. Salam kenal

    BalasHapus
  24. mantaf... :)
    ampuh dah...

    BalasHapus
  25. wah manteb nich bos info nya , padahal di blog saya yang ada di blogspot bnyk inbound link ke label loh, wah kayak nya perlu di ganti lagi dech link nya , ok trims infonya

    BalasHapus
  26. jadi seprti itu.... ok.. makasih ya mas :)

    ternyata harus ngelink ke post bukan ke label ato apa... hehehee

    http://funinsert.blogspot.com

    BalasHapus
  27. waaa,.... malahan tambah bingung nih....

    BalasHapus
  28. wah ilmu yang bermanfaat banged nih mas..
    makasih banyak yah..
    main2 ya di blog saya buat siapa aja..

    http://www.yuwie-members.blogspot.com

    ^_^

    BalasHapus
  29. mank seh defaultnya text robotnya untuk /search disallow.Namun untuk mengoptimalkan sehingga bisa diindex google tinggal tambahkan meta tag robot aja (meta content='noindex,follow' name='robots'/)

    BalasHapus
  30. SEO ku jeblok mz...oya mas orang lampung yha...kabar lampung gimana mas,,ku juga orang lampung.hehehe

    BalasHapus
  31. tks mas infonya. tapi saya mau nanya nih mas, sekarang kan lagi tren bagi2 award berbacklink, ada manfaatnya gak? atau sama dengan artikel di atas, percuma aja. tolong dijawab mas. tks.

    BalasHapus
  32. @Popo: ada mas, tapi kalau bisa cari blog yang sejenis agar link tersebut menjadi relevan dan berkualitas.

    BalasHapus
  33. BETUL aq udh lakukan pada setiap artikel, selalu aq pasang inbound link dengan artikel dlm satu kategori lengkap langsung membuka artikel secara utuh. Betul ga mas Benny... ma kasih sebelumnya..

    BalasHapus
  34. Thank's Mas untuk iNfonya tapi...jadi solusinya giamana mas...supaya tidak seperti itu...?

    BalasHapus
  35. mantap om...

    hahaha...........

    sukses ya............

    jangan lupa didik newbie bloger seperti saya ini..... hehee.... nih lag mau belajar seo.. haha

    kasih masukan ya.. http://loverzys.blogspot.com

    BalasHapus
  36. Thanks tutorialnya, saya selama ini pakai link yang mengarah ke resellernya tapi setelah saya ubah semua link mengarah ke internal kok hasilnya sama saja disallow, mohon bantuannya

    BalasHapus
  37. setubuh eh setuju pak.... gimana kalo kita tukeran link aja gan biar mangstab...

    BalasHapus
  38. Wuih, sumpah saya baru tahu tentang ini.. jadi pengen pinter SEO he.. coz jujur sy sampai saat ni masih sangat bodoh banget mslh SEO.. sering2 ah berkunjung ke web keren ini. Makasih ya Bray, infonya MANTAAPPPPPP......!!!

    BalasHapus
  39. mas sebetulnya SEO yang benar untuk blogspot itu seperti apa sih? banyak info yang simpang siur, saya jadi bingung.. menurut pengalaman mas aja, yang sudah melanglang buana di "seo world".
    soalnya website saya masih kacau, saya ingin betulin tapi nggak tau mo tanya siapa..
    besar harapan saya jika mas mau meluangkan waktu berkunjung ke web saya htt://cekdot.blogspot.com
    tolong kasih masukkan.
    saya akan menghargai sekali apabila mas mau mengirimkan tutorial/ebook yang harus saya pelajari... ke email saya.

    maaf kalo permintaan saya berlebihan. tapi saya bingung nggak tau mo minta tolong siapa.
    terima kasih...n salam hangat selalu :)

    BalasHapus
  40. terimakasih atas informasi tentang inboud...saya mengerti penjelasan anda

    BalasHapus
  41. Saya Sering menempatkan link seperti itu mas dalam posting, misalnya kata SEO saya arahkan ke category SEO (label SEO). Tapi baru tau mas tidak ada manfaannya untuk membuat internal link !

    BalasHapus
  42. wah serasa dimanjakan disini!! tengkyut!!!

    BalasHapus

Tolong gunakan... http:// ...dalam memasukkan URL ..!!
NO SPAM..!