30 September, 2009

Tingkatkan SERPs Lewat Situs Iklan Baris

Sebelum masuk ke ranah iklan baris lebih jauh serta pengaruhnya terhadap blog/ website ada baiknya admin blog bisnis online ini menjelaskan sedikit tentang apa itu SERPs, Serps adalah singkatan dari “Search Engine Result Page” yang berarti sebuah halaman situs yang muncul di mesin pencari seperti google melalui permintaan (queri) kata kunci/ keyword tertentu. Jadi semakin baik letak posisi blog di search engine maka peluang untuk mendapatkan pengunjung tentunya semakin tinggi dan ini sangat memberikan peluang uang bagi mereka yang mempunyai situs-situs penjualan selain blog.

Sedangkan Iklan Baris adalah situs web penyedia layanan yang memungkinkan situs/ blog untuk melakukan promosi secara online baik gratis maupun berbayar dengan maksud agar mendapatkan tambahan traffic pengunjung, dan manfaat kalangan pebisnis online tentunya dengan tingginya trafik blog maka secara tidak langsung menaikkan nilai konversi penjualan.

Seperti pada posting blog bisnis online sebelumnya berjudul “Kualitas Backlink” bahwasanya salah satu Backlink dari situs Iklan baris sangat baik terhadap serps terutama bagi blog mempunyai niche atau yang berhubungan dengan bisnis online, mengapa demikian? Nanti kita akan bedah di paragraph selanjutnya.

Iklan baris yang dimaksud adalah anda memasang text link berbayar (non banner) pada situs tersebut dan bukan menggunakan software massal atau submit manual.

Mengapa saya berani katakan backlink dari situs seperti iklan baris lebih baik untuk meningkatkan kualitas serps blog anda di search engine seperti google, Berikut alasan mendasar dari saya :
  1. Porsi Update
    Patut diketahui kualitas backlink akan lebih baik apabila link dihasilkan dari situs yang porsi updatenya tinggi karena otomatis situs tersebut akan sering dihampiri oleh robots mesin pencari sehingga link yang terpasang mau tidak mau akan mendapatkan dampak baiknya yaitu sering dirayapi dan selalu fresh.
  2. Target Backlink
    Tentunya cocok sekali jika link tersebut sama-sama menggunakan bahasa sejenis, silakan baca lagi di artikel bisnis online terdahulu tentang “Target Backlink”.
Dari alasan diatas bukan asal alasan Karena saya telah membuktikannya sendiri dan menganalisa secara kecil-kecilan terhadap blog/ situs yang linknya terpasang.

Contoh kecilnya adalah Situs bisnis online beralamat kerjakeras.com digawangi oleh bapak Kusuma Putra asal Bali yang notabene adalah salah satu pemenang kontes SEO terbesar Indonesia dengan keyword “Stop Dreaming Start Action” dimana setelah saya perhatikan 60 % cara optimasi dilakukan yaitu dengan memasang link diseluruh iklan baris miliknya, kemudian anda perhatikan bagaimana kekuatan serps/ Rankingnya di search engine google. Mantap bukan? Sungguh Optimasi SEO cerdas. :)

Sekedar saran dari saya jika ingin memasang text link di situs iklan baris:
  1. Anchor text harus sesuai kata kunci target. (kalau mau lebih jreng lagi link tersebut terdapat diantara dalam satu kalimat)
  2. Usahakan cari situs iklan baris yang telah berumur/ (minimal 6 bulan)
  3. PageRank Nol tidak masalah yang lebih penting adalah Index page/ jumlah halaman di google semakin banyak makin bagus. Cara mengeceknya masukkan query “site:www.namadomain.com” tanpa tanda petik.
  4. Outbound link/ ekternal/ link mengarah keluar dari situs iklan baris tersebut jangan terlalu banyak.
  5. Ranking alexa iklan baris tersebut bagus.
Cara diatas tidak mutlak benar dan hanya didedikasikan khusus bagi mereka yang baru memulai bisnis online atau yang mempunyai situs-situs Bisnis Online baru di bidang penjualan, namun cara di atas dapat juga diimplementasikan untuk para peserta kontes seo Indonesia. Salam.

24 komentar:

  1. Terimakasih tipsnya mas ben, sangat mantap mas...

    salam sukses

    BalasHapus
  2. wah mantab mas tutorialnya ;)

    BalasHapus
  3. Terima kasih mas Benny, ini betul2 info yang bermanfaat buat saya yg juga sedang ikutan kontes mengembalikan jati diri bangsa... yo semua peserta kontes kita rame2 pasang link di iklan baris...!!!

    Izmild Blog Bisnis Online - Mengembalikan Jati Diri Bangsa
    Kunci menuju monetisasi blog

    BalasHapus
  4. Makasih tipsnya ben...mantep :D

    BalasHapus
  5. Wah lagi cari bahan revrensi untuk blogku.. ternyata berkunjung ke sini.. bagus juga nih bos infonya! Terima kasih ya postnya!

    BalasHapus
  6. Tips yang bermanfaat, mas Benny..
    segera dipraktekkan :)

    BalasHapus
  7. kira2 tentang apa ya yang laris di bisnis online sekarang? saya pingin buka web.. tolong infonya ya...
    andy di mozila.wijaya@gmail.com

    terima kasih...

    BalasHapus
  8. saya senang dengan orang yang suka berbagi ilmu! thanks sahabat

    BalasHapus
  9. wakh kalo serpnya mantab, pasti akan teridex ama yang punya search engine yah....hmmmm ini pertama kali aku mampir.....semoga kita akan saling berkunjung

    BalasHapus
  10. infonya mantap mas
    saya baru tahu info yang satu ini
    terima kasih banyak ilmunya

    BalasHapus
  11. semula sayapun ingin memasang link via iklan baris, namun setelah saya pikir dan berkonsultasi dengan teman2, mereka tidak bilang tidak usah. Tujuan kita adalah belajar seo, bukan menempuh cara singkat.
    Yupz betul Ben, saya hanya ingin belajar, tidak lebih... *tp kl kepepet mau juga hihihi*

    BalasHapus
  12. Hi nice blog....so i add u in my bolg and can u add me in your bloglist..

    BalasHapus
  13. Pembahasan yang berkesan, bisa menambah wawasan terima kasih mas...

    Blog Bisnis Online

    BalasHapus
  14. mantap om... setuju, karena situs iklan baris updatenya terus menerus :)

    BalasHapus
  15. Saya juga sering mengandalkan iklan baris Mas, niche info

    BalasHapus
  16. mungkin benar katamu bro..
    waktu ane sering pasang iklan di iklan baris...kualitas SERP lumayan daripada sebelum pasang iklan..
    nice ilmu..

    BalasHapus
  17. Sangat bermanfaat sekali informasinya.

    BalasHapus
  18. makasih gan, info yg sangat bermanfaat... :)

    BalasHapus
  19. mantap kang postingannya
    kalo begitu ini berarti bisa menjadi ladang backlink yang menjanjikan
    salamsukses kang

    BalasHapus

Tolong gunakan... http:// ...dalam memasukkan URL ..!!
NO SPAM..!