24 September, 2009

Kendala Utama Memulai Bisnis Secara Online

Setelah lima hari vakum update blog bisnis online dikarenakan masih menikmati nuansa lebaran yang tahun ini benar-benar terasa nikmatnya hingga sekarang, maka pada kesempatan kali ini admin blog bisnis ingin curhat sedikit dan mencoba kembali focus menyajikan artikel sesuai niche blog yaitu berkaitan dengan mencari uang secara online walaupun admin sadar sepenuhnya bahwa ilmu yang dimiliki tentang bisnis internet masih jauh dari apa yang dicita-citakan sejak awal ngeblog dahalu, jadi bisa diibaratkan berada dalam stadion bola dan duduk di tribun paling belakang yang hanya menonton dari kejauhan betapa asyiknya para pemain bola menciptakan goal-goal yang dihasilkan.

Memulai bisnis secara online tidak ada bedanya dengan bisnis secara offline selain membutuhkan modal materi, bisnis di internet juga seharusnya setiap individu paling tidak memiliki sedikit akuntabilitas dari setiap masing-masing jenis bisnis online yang bakal di geluti seperti PPC, TLA, Bisnis Affiliate, PTR, dan lain sebagainya.

Secara pribadi kendala utama dalam memulai usaha bisnis online adalah:
  1. Koneksi Internet
    Ehm, mungkin bagi anda yang tinggal di daerah kawasan perkotaan atau kota-kota besar koneksi internet bukan lah menjadi suatu kendala yang berarti, namun sebaliknya bagi mereka yang tinggal di desa seperti saya dimana jaringan Internet masih jauh di bawah standart. Coba bayangkan hari gini masih manggunakan jaringan non nirkabel seperti GPRS atau bahkan Edge. Cape dech. :)
  2. Penguasaan Bahasa Asing
    Nah ini merupakan kendala terbanyak dan paling umum dimiliki oleh para pemula bisnis online yaitu faktor penguasaan bahasa asing atau inggris. Sama halnya seperti saya, walaupun ada saja solusi untuk mengatasi masalah tersebut seperti bisnis paid review dengan memakai jasa penerjemah namun tetap saja tidak akan maksimal usaha yang dilakukan karena sifat ketergantungan secara terus-menerus tidak akan bisa menjamin totalitas hasil usaha akan terwujud secara maksimal.
  3. Kemampuan dan Tekad
    Tekad saja alias modal nekat serta kemauan hasrat tinggi tidaklah cukup untuk sukses dalam bisnis internet tanpa memiliki kemampuan atau salah satu keahlian dasar dari seluruh cakupan yang dibutuhkan sebagai penunjang dalam hal ini adalah hal-hal yang merupakan bagian dari faktor yang harus setidaknya sedikit terpenuhi sebagai kelengkapan atau materi modal skill di bisnis online. (Bingung?? Sama, hehe..)
Sebagai pemula mungkin solusi terbaik sebelum terjun di dunia bisnis online ada baiknya anda melakukan pendekatan secara personal pada orang-orang/ blogger/ marketer sukses dengan cara mungkin bersilatuhrahmi langsung kerumahnya atau kopdar bareng kemudian berkonsultasi ya itupun jika yang bersangkutan mau dan andapun mempunyai tekad bulat untuk benar-benar ingin terjun di bisnis internet.

Artikel bisnis online ini didasari atas keirian saya terhadap sosok mahkluk multi talenta yang notabene pemilik situs Blog Belajar SEO BlogSpot seperti pada salah satu postingannya berjudul “Malam Pertama Pencairan Western Union Google Adsense” dimana konon gosip dengan hanya bekerja sendiri dapat menghasilkan penghasilan tetap dari bisnis adsense dan affiliate rata-rata ribuan dolar $?? setiap bulannya, mantab. :)

Bagaimana dengan anda apakah selain kendala di atas apakah ada kendala lain berkenaan dengan modal utama memulai bisnis online serta bagaimana solusi cara mengatasinya ??

55 komentar:

  1. Memang selalu sulit untuk memulai, tapi kalo udah mulai dan sedikit sukses pasti ketagihan,
    sama sama mas sy juga di rumah masih GPRS pake IM2. sabar aja ah!!! wwkkwkw.
    tetep semangat ya mas!!

    BalasHapus
  2. kalo ada koneksi internet tapi nggak ada kompie atau laptop bahaya juga itu mas!
    wkekekekeek!

    BalasHapus
  3. Admin Blog Bisnis24 September, 2009 18:53

    @Internet Marketing : wah udah kaya makanan aja pake acara ketagihan. :)
    @galih: bener juga ya,. yang parahnya lagi ngidupin komputer masih minta bantuan. hehe..

    BalasHapus
  4. biasanya kalau koneksi lagi ngadat dirumah, trus ada job, akhir-akhirnya larinya ke warnet ;)

    BalasHapus
  5. Wah, memulai bisnis pasca libur lebaran mas...Btw artikelnya sip mas, modal emang sesuatu yang sakral dalam bisnis ya, semoga suatu saat pemerintah mau berbaik hati menggratiskan biaya koneksi internet..wkwkw..

    BalasHapus
  6. Makasih segala info dan Ilmunya Bro...semoga menjadi pendongkarak rizkinya....sukses Brooo

    BalasHapus
  7. Wah kurang manteb Brooo makasih yahhh

    BalasHapus
  8. ini baru blog yang saya bilang sangat bermutu sekali apalagi saya yang masih pemula perlu sekali ilmunya terima kasih sobat mau berbagi.

    BalasHapus
  9. TERUS SEMANGAT MESKI BLM SUKSES YG PENTING TERUS BELAJAR.....

    BalasHapus
  10. Kendala bisnis onlie nih, kalau dari ppc kalau tiba-tiba visitor cuma 50 an yah susah juga. Kalau dari Text link ads atau payperpost, tiba-tiba pagerank down. Walah asem... :D

    BalasHapus
  11. lam kenal. saya lumayan baru di dunia blogging dan masih benar2 awam ttg bisnis online. sampai sekarang juga masih bingung mw menggeluti yang mana, sepertinya bisnis PPC yang paling menarik minat saya karena agak santai...

    BalasHapus
  12. ya memang itu salah satu kesulitannya..

    BalasHapus
  13. yang penting ada tekad, mas :)
    sukses selalu untuk anda..

    BalasHapus
  14. Salam sobat,

    info bagus nich.. boleh juga untuk di pikir2..;-)

    Bisnis Online saya fikir gak segampang apa yang di bagayang kan ... susah banget!!!!..enakan offline langsung dapat.

    BalasHapus
  15. ikut mampir sesudah lebaran ini mas..hehe..pasca lebaran memang harus semangat lagi..:)

    BalasHapus
  16. Maaf, kalo saya menganggap itu tantangan bukan kendala,hehehe :). Banyak orang gagal di bisnis online karena tidak memperlakukan ini sebagai "bisnis" tetapi sekedar hobby atau sekedar cari uang receh, beda dengan Internet Marketer di Luar, yang menganggap ini Bisnis yang merupakan bisnis jutaan dollar.
    Seperti bisnis offline yang lain dimana owner tidak mengerjakan semua, tetapi mereka outsource semua yang tidak bisa mereka lakukan, bahkan untuk submit artikelpun mereka outsource, mengapa? karena mereka tahu ini Bisnis Jutaan Dollar...hehehe.

    BalasHapus
  17. Apalagi mamang kau niy Ben, sekalipun dak pernah melo bisnis online. dak tau caronya, cak mano.
    Btw, kau melok seo contest Oes Tsetnoc dak?
    kaloo melok aku dukung...

    BalasHapus
  18. wah kirain susah memulai bisnis onlie, tp stlah bca artikel ini, trnyata ga sesulit yg dibygkan. thanks

    BalasHapus
  19. ngomongin bisnis online dan dapat penghasilan membuat saya jadi iri. kok perasaan susah banget. sudah ikut adsense, ziddu, adsense camp tapi hasilnya nol besar.

    BalasHapus
  20. nice info boz...
    share aja disini sekalian
    http://moreshare.vndv.com

    tempat ngobrol, sharing2...
    coz tips si bos ini mantep2 bgt...

    BalasHapus
  21. Mungkin kendala umumnya menjalankan bisnis online yaitu bagaimana menuangkan ide bisnis menjadi bisnis online di internetnya... dan juga keahlian teknikalnya..

    BalasHapus
  22. memang modal utama adalah niat untuk terus berkembang. semua bisnis, online dan offline memerlukan waktu untuk menuai hasilnya, sikap mental untuk mau menjalani proses inilah yang akan membentuk seberapa besar hasil yang akan didapatkan.

    BalasHapus
  23. Waduh, mau komentar apa. Tapi yang jelas aku sudah dapat ilmu dari postingan tentang Bisnis Online ini

    BalasHapus
  24. kendala saya selain gak bisa bahasa inggris juga modal untuk bayar koneksi internet. selain itu modal untuk sewa hosting domain dan lain-lain untuk keperluan internet. sebenarnya maih banyak sih kendala saya, he..he..

    BalasHapus
  25. kenapa ya bisnis online kok kayaknya susah bgt, manalagi banyak buang waktu. ada yg bisa bantu ???
    PM: kesiniaja_online@yahoo.co.id

    BalasHapus
  26. kendala yg lainnya dalam bisnis online agar sukses minimal ngerti PHP, walaupun bukan utama.

    BalasHapus
  27. wah oke tuch artikelnya, bsa dipraktekan langsung, thanks ya. tpi gmana donk buat nyeleseinnya/

    BalasHapus
  28. Terima kasih ilmunya mas , ini juga baru belajar cari duit syukur ada petunjuk ini
    http://www.hajibizz.com

    BalasHapus
  29. kapan lagi klo tidak kita mulai dari sekarang??
    bismillah..
    kunjungi kami
    http://www.dana-syariah.com/?id=fajar
    kita bisa berinvestasi bersama. kita jalin ukhuwah, kita untung, kita beramal..
    Hati-hati tertipu dgn bisnis online!!
    salam ukhuwah! salam sukses!

    BalasHapus
  30. thanks atas infonya.
    kunjungi juga http://www.bisnisribuan.com

    BalasHapus
  31. Ya bro...setuju dengan point2 di atas, anyway banyak info yang saya dapat dari sini...thanks ya !
    Sukses selalu!

    BalasHapus
  32. Tambahan Masalahnya adalah sistem pembayaran yang belum real online di Indonesia, sehingga sering merepotkan pembeli dan juga penjual, karena tidak instan.

    Salam Kenal, saya dari http://www.famefashion.net

    BalasHapus
  33. kayaknya yang paling susah, tekad mas, susah tuch jaganya..slalu aja naik turun...

    BalasHapus
  34. pengetahuan tentang bisnis online itu sendiri yang menjadi kendala.
    tolong donk kasih masukan untuk blog saya yang baru. Alamatnya http://www.cameraphotoreview.blogspot.com/ dan http://www.superelectronicsreview.blogspot.com/. Terima Kasih.

    BalasHapus
  35. bener banget tuh mas, biasanya yang pertamanya yang sulit, kesananya kalau sudah ketemu jalannya biasanya lancar

    BalasHapus
  36. Kendala bukanlah hal yang jadi alasan untuk kita tetap maju dalam bisnis online. Niat dan semangatlah yang bisa mengalahkan semua kendala yang ada.

    BalasHapus
  37. Pengalaman saya dulu ketika baru mau mulai selalu terhalang oleh kekuatiran saya akan hal-hal yang sifatnya teknis, spt: design web, dlsb. saya pun mencoba mempelajari hal-hal teknis tsb. Hasilnya? Ya tetap belajar...tanpa ada ACTION yang bisa saya ambil. Akhirnya, saya memutuskan untuk menyerahkan hal-hal teknis yang tidak saya kuasai kpd mereka yang ahli, dan saya hanya mengerjakan apa yang saya bisa. Kali ini hasilnya saya bisa memiliki bisnis saya sendiri. Semoga sharing pengalaman saya ini bisa bermanfaat. Jangan lupa utk mampir ya:

    http://www.BisnisOnlineSuperStore.com

    Terima kasih.

    BalasHapus
  38. Dari faktor-faktor tersebut yang paling dominan menurut saya adalah tekad dan kemauan keras untuk bisa. Karena banyak sekali yang mencoba berbisnis online kandas hanya karena mereka menghadapi sedikit kesulitan dan tak bisa memecahkanya atau mereka tidak sabar untuk mendapatkan penghasilan yang besar. Alhamdulillah sampai saat ini tekad dan kemauan saya masih 100% untuk terus belajar di dunia bisnis online,,, hahaha....

    BalasHapus
  39. betul bgt bos apalagi buat pemula terkadang hal-hal seperti ini sering jadi masalah besar yang sebenarnya kalau mau diusahakan pasti ada solusinya selama ada kemauan pasti ada jalan tetap semangat guys , !

    BalasHapus
  40. Mas, saya mau pasang banner di blog ini. gimana caranya. email: husain4alfaqih@gmail.com, hp. 085221278926.

    BalasHapus
  41. salam

    semoga terus menulis karena banyak manfatnya untuk pendatang baru didunia maya seperti saya ...

    thanks

    BalasHapus
  42. assalamualaikum wr. wb

    Haramm! bisnis haramm! semua akan dibakar didalam neraka jahanam!

    bisnis kotor yang mengambil keuntungan dari kerugian sesamanya. untuk memperkaya diri sendiri.
    kekayaan dunia tidaklah kekal, akhirat adalah ujung dari kehidupan kita

    Subhanallah wabihamdihi Allahuakbar

    BalasHapus
  43. saya ijin share ya, makasi :D

    BalasHapus
  44. Kalau bagi saya kendala utamanya adalah waktu dan kemampuan untuk menuliskan ide-ide yang ada dibenak ini menjadi sebuah tulisan yang BAGUS (bagi pembaca ataupun bagi search engine).
    Kadang kala kita lagi banyak ide, tapi karena kesibukan dan kendala kemampuan menulis tadi, jadinya nggak jalan dech.

    BalasHapus
  45. Semoga dengan berbagi informasi, kita semakin termotivasi, semakin bertambah ilmu dan semoga dapat mencapai keberhasilan

    BalasHapus
  46. Bagus2 artikelnya...faktor kebosanan karena tak berhasil...menambah kesulitan bagi pemula.

    salam kenal pak.

    http://bisnisonlinerustama,com/

    BalasHapus
  47. semua kendala bisa kita atasi asal kita mau berusaha keras dan memiliki tekad yang kuat untuk berhasil.hambatan pasti selalu ada cuma bagaimana cara kita mengatasinya itu hal yang paling penting

    BalasHapus
  48. info yg menarik sekali,,terima kasih sdah berbagi infonya,,,sukses selalu

    BalasHapus
  49. berbagi info sangat penting jangan lupa info yang lain yang bikin orang greget kalo bisa yang gratisan yah

    www.usahabis-nis.com

    BalasHapus
  50. Allhammdulillah Bisnis Online yg q jalani Laris manis Produk nya, asal rajin, yakin dan tak menyerah pasti Dasyat hasil nya :) http://kerja-online1.blogspot.com Allhamdulillah punya q mantapppppp .

    BalasHapus
  51. Bisnis Online itu semua halal asal tidak berniat buruk. Di dunia nyata penuh Pengangguran, kemiskinan dsb nya. Perampokan, pembunuhan krn harta dan Pencurian terus terjadi dimana-mana ..... Maka itu mari kita tanam kan dgn semangat yg tinggi utk membangun kehidupan semua Masyarakat hingga Sejahtera, Sukses, dan mudah mencari Uang dgn jalan Berbisnis Online utk mengurangi kemiskinan, Pengangguran dsb nya. Kunjungi Bisnis Online kami klick : http://kerja-online1.blogspot.com

    BalasHapus
  52. wah nice info gan
    ijin copas ta gan :DD

    BalasHapus
  53. sepertinya tekad yg sulit untuk dibulatkan hhehehe

    BalasHapus
  54. Ternyata keslahan yang dialkukan para pemula hampir-hampir mirip yaitu pada TEKAD, untuk itu bulatkan tekad bila benar2 mau berbisnis online. salam nvestasi.

    BalasHapus

Tolong gunakan... http:// ...dalam memasukkan URL ..!!
NO SPAM..!