04 Juni, 2009

Strategy Marketing: Memanfaatkan Blogger Pemula

Sebelum masuk ke pokok masalah tentang strategy marketing ada baiknya anda mengetahui sedikit definisi singkat dari Internet Marketing/ Pemasaran Internet yang berarti adalah usaha atau cara untuk mempromosikan produk/ barang atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medianya, jadi intinya pemasaran yang dilakukan secara online.

Cara untuk melakukan pemasaran internet biasanya meliputi e-mail marketing, SEM (Search Engine Marketing), Social Bookmarking, Pemasaran lewat Iklan PPC, dan lain sebagainya.

Sedangkan Strategy Marketing adalah segala upaya dan taktik bagaimana para pelaku bisnis online dalam hal ini adalah para marketer untuk mengimplementasikan pemasaran internet tersebut supaya berhasil alias produk ataupun jasa yang ditawarkan menghasilkan terjadinya tingkat penjualan yang tinggi (laku).

Strategy marketing yang saya maksud dengan memanfaatkan blogger pemula adalah dimana para pemilik produk or jasa tersebut mengadakan sebuah KONTES baik mengambil tema berkedok SEO (Search Engine Optimization) maupun kontes review. (Sebenarnya ini teknik strategi marketing gaya baru/ lama sich? apa saya saja yg baru tau..? hi:) tapi, selagi si blogger pemula (peserta) tidak merasa tertipu dan mereka senang melakukannya itu sich sah-sah saja, tidak ada larangan.

Namun, setelah saya amati ternyata strategy marketing dengan memanfaatkan para blogger pemula ini cukup efektif untuk mendongkrak popularitas web/blog ataupun produk yang mereka pasarkan. Dua keuntungan sekaligus yang mereka dapatkan dalam penerapan strategy marketing gaya ini, pertama kemungkinan situs mereka untuk tampil di halaman pertama search engine semakin besar dan tergolong cepat dengan demikian mengakibatkan popularitas situs/produk mereka menjadi terkenal, terlepas dari kualitas produk, laku dan tidaknya itu masalah lain. Btw, loch koq bisa?? Baca lagi disini..!!

Cuma saran saya sebagai blogger pemula untuk pemula sebaiknya sebelum mengikuti sebuah kontes jangan terlalu bernafsu, pelajari dan perhatikan maksud dari tujuan para marketer/ penyelenggara itu apakah dapat dipercaya dan mempunyai kredibilitas? Syarat apa saja yg diminta/ berapa banyak? (biasanya mereka meminta backlink/ tautan balik), Apakah Produk yang mereka tawarkan benar-benar bermanfaat untuk calon konsumennya? Siapa tahu produk bisnis mereka pasarkan adalah barang ilegal/ haram.. :)..

Akhir kata tanpa mengurangi rasa takut saya selaku admin blog bisnis online gratisan mengucapkan Salam sukses untuk dunia internet marketing Indonesia semoga semakin maju..!

34 komentar:

  1. ok udh difollow balik mas.. memang bener jg mas biasanya kontes2 kebanyakan meminta backlink mknya sy jrg ikutan kontes..

    kl ikutan mgkn sy ksh tag nofollow aja..

    BalasHapus
  2. Bisnis Online04 Juni, 2009 06:40

    @Yusa:
    Asal hadiahnya sesuai & waktunya gk terlalu lama sich gpp. dan sblm ikutan maunya liat2 dulu sapa penyelenggaranya. kalo gak jelas kan males juga..

    BalasHapus
  3. Pagi semua...om admin numpang ngiklan ya, bagi yang mau alat bisnis online lengkap silahkan kunjungi http://obralebooks.com

    BalasHapus
  4. Mas ini nyindir saya yaa.. membuat orang orang jadi tau SEO kan bagus mas.. jadi mereka juga tau cara meningkatkan trafik ke blog mereka, blog yang bagus tapi di halaman 10 google siapa yang mau lihat.. di blog ku semuanya aku beri backlink Gratis kok karena mendukung I FOLLOW.

    BalasHapus
  5. Hai mbak desi.. koq marah sich..? hehe.. kan mbak desi gak jualproduk.. santai aja.. tujuan saya sebenarnya bukan anda koq. jd tenang..

    BalasHapus
  6. boleh juga buat strateginya
    thx ya udah share
    salam kenal :D

    BalasHapus
  7. Woo..gitu to mas. Berarti aku sering dimanfaatkan dong. ;p

    BalasHapus
  8. sapa hayo......????
    hahaha...
    ya gak pa2 sih omz.
    namanya juga usaha.. :-)
    asal kontestnya bener-bener fear aja..
    hehe.. :-)
    yang ndak bener tuh kalo kontesnya ndak fear :-)
    hihihihihi.....

    BalasHapus
  9. info yg keren mas..,

    makasih byk lho, aq byk belajar lho di blogmu :-)

    BalasHapus
  10. Hi there visiting you!

    PLS vote for my blog IAMSTAYINGALIVE(www.iamstayingalive.blogspot.com)

    The poll is at this site at the bottom sidebar www.salaswildthoughts.blogspot.com THANKS! just choose IAMSTAYINGALIVE

    Thanks!

    hi hope u visit me and vote for my blog IAMSTAYINGALIVE here www.salaswildthoughts.blogspot.com tnx!

    BalasHapus
  11. Terima kasih, sudah memberikan pelajaran kepada saya tentang bisnis online, sangat bermanfaat, dilanjugkan ya ulasannya tentang bisnis online! biar saya tambah ngerti!

    BalasHapus
  12. wah artikelnya bagus nih. makasih udah berbagi ilmu.

    BalasHapus
  13. nice blog..
    if you need something about internet info...
    visit my blog .....ok???

    BalasHapus
  14. saya lagi cari referensi tentang SEO, artikel ini cukup membantu.thanks.

    BalasHapus
  15. Wah strateginya unik juga ya mas, mengikuti kontes adalah pelajaran yang paling baik bagi blogger pemula. Karena kita bisaa tertantang untuk memberikan yang terbaik, selain itu kan lumayan ada hadiahnya :)

    Ricky
    Businessman

    BalasHapus
  16. @Peluang Bisnis:
    Tergantung mas kontes apa dulu? klo review produk sich okelah. nah klo kontes seo, menurut saya kurang tepat jika dikatakan para blogger pemula. klo pengen belajar seo mulailah dari target keyword yang mudah dulu. bukan langsung ikutan kontes.

    BalasHapus
  17. informatif bgt mas,,,,,,
    trims,,,,,,,,,
    main ke blog aku yach !!!!!!!

    BalasHapus
  18. NO SPAM
    Mengoptimalkan Blog Bergabung Dengan Orang-Orang Sukses,Ada Pa dibalik Semua Rahasianya

    BalasHapus
  19. bagus banget mas artikel nya

    BalasHapus
  20. Trima kasih,mo coba ne,sorry baru pemula,tlg singgah di blog saya

    BalasHapus
  21. Untung saya belum termamfaatkan juga. Wkwkwk

    BalasHapus
  22. Artikelnya sangat membantu saya mas, terima kasih

    BalasHapus
  23. bisnis online itu enak, kalau sudah tau caranya.. terimakasih atas infonya, saya yakin sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  24. Wah jadi nggak enak ya kesannya kalo kita hanya memanfaatkan blogger pemula (tanpa maksud menyebut saya ahli). :D

    BalasHapus
  25. Semangat buat para blogger pemula. Semoga sukses & kaya. Mampir donk ke sirtiman.blogspot.com minta sumbangsihnya baik berupa saran & kritik.

    BalasHapus
  26. Sebenarnya cara seperti itu syah-syah aza,, selama itu tidak merugikan orang lain, dan peserta konter juga mendapatkan hasil atau hadiah yang setimpal.. Salam blogger...

    BalasHapus
  27. salam semua
    Utk blogger pemula spt saya yg masih katrok jangan menyerah maju teruuuus....

    salam
    datangkan 1 juta visitor di blog gratis
    http://o-begitu.blogspot.com/2010/07/cara-mudah-meningkatkan-traffic-blog.html

    BalasHapus
  28. Begitu ya gan,,, tpi kan kita dapet hadiah gan,,,, jadi sama-sama untung... ya sebagai pemula emang kadang mesti banyak baca referensi-referensi ni,, biar gak dikibulin... hahaha... "Blogger Jepara"

    BalasHapus
  29. He..he... Kebetulan donk sy blogger pemula...emang belum tahu banyak tentang dunia blog... benar sih dimanfaatkan atau tidak ya...yag jelas saling menguntungkan dan bagi pemulapun jadi belajar banyak tentang bloging.

    BalasHapus
  30. wuh mantab bos... ayo artikelnya di share juga di Komunitas Bisnis Online

    BalasHapus
  31. sangat bermanfaat bagi newbe...
    Salam kenal.

    BalasHapus

Tolong gunakan... http:// ...dalam memasukkan URL ..!!
NO SPAM..!