13 Juni, 2009

5 Tips Supaya Blog Bertahan di Google (Mitos)

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa search engine google merupakan sarana cara promosi online yang sangat efektif untuk blog ataupun produk bisnis online anda, Coba bayangkan jika mesin pencari tidak ada?? Oleh karena itu mengapa para pakar internet marketing (marketer) diwajibkan mempunyai setidaknya sedikit keahlian tentang SEO (Search Engine Optimization) untuk menjalankan strategy marketing-nya secara online.

Begitupun kita sebagai blogger selain dituntut untuk menulis konten bermanfaat kepada pengunjung, kita juga harus mampu menciptakan blog yang search engine friendly artinya akrab dengan mesin pencari. Sekali lagi bayangkan jika artikel blog anda buat sangat bagus. namun tidak ada yang baca?? apalagi jika konten tersebut sengaja dibuat dengan tujuan komersil seperti penawaran produk bisnis online affiliate anda?? Bagaimana mau laku, pengunjung saja tidak ada? Masa harus nyampah melulu melalui iklan baris. :)

Back to Topic!!

Berikut 5 Tips Atau Cara Membuat Peringkat Blog Anda Mampu Bertahan Di Google Ala Blog Bisnis Online:

1.Deskripsi Meta Tag
Hindari pemakaian meta tag deskripsi yang sama pada setiap halaman!! ini sangat berpengaruh pada serp blog di search engine google. Jujur.. saya pernah melakukan analisa terhadap blog yang menggunakan cara ini (biasanya pengguna mesin blogspot). Memang posisi peringkat halaman index mereka lumayan bertahan bagus di google. Namun jangan harap halaman sub index/ posting akan kuat di mesin pencari. Sebenarnya aturan webmaster google juga melarang pemakaian cara ini karena akan mengakibatkan terjadi duplicate meta tag description.

Inilah kelemahan jika pakai hosting blogspot semuanya serba manual, beda halnya pada platform wordpress yang canggih sehingga dapat di setting secara otomatis. Namun jangan kuatir.. ini ada blog tutorial tips dan Cara setting meta deskripsi berbeda pada setiap posting di mesin blogspot, dapat kamu baca disini..! Semoga dapat membantu.

2.Backlink
Backlink memiliki pengaruh cukup siknifikan menjaga kestabilan blog anda agar selalu bertahan di google. Sebelumnya saya pernah bahas mengenai kedahsyatan backlink. silakan baca pada artikel bisnis online sebelumnya berjudul “Update Blog VS Backlink”.

3.Update Blog
Ternyata update secara teratur mempunyai peranan besar selain backlink, terutama blog yang baru muncul di halaman pertama search engine google dengan tingkat persaingan keyword yang kompetitif. Mengapa? Biasanya blog yang baru teroptimasi atau baru beberapa hari nongol dihalaman pertama mesin pencari sangat rentan dengan goyangan “google dance”, jadi posisinya masih labil, obatnya adalah update dan update!! Ibarat masa pertubuhan, masih sangat membutuhkan suplemen yang cukup besar yaitu artikel baru (News Content bukan Copas).

4.Jaga Konten/ Artikel Blog Anda Agar Tetap Selalu Relevan
Udah gini aja dari pada kepanjangan ngebahas relevan atau tidaknya mendingan anda gunakan plugin untuk browser Firefox. Download add-ons nya disini !! Cek Density keyword andalan blog anda! Oya,.. jangan lebih dari 10% dan jangan kurang dari 1% jika ingin blog tetap aman dan bertahan di google.

Mustahil Bukan.. Jika ada blog bertemakan Bisnis Online atau Peluang bisnis online di internet seperti blog kepunyaan Mas Ricky ketika di cek kadar keywords density nya yang lebih besar malah tentang gosip/ politik. Bisa saja sich dihubung-hubungkan. Contoh: Mantan Anggota DPR or Artis mencoba peruntungan dari bisnis online dengan menjual ebook bisnis atau menjadi publisher adsense, Politik Bisnis Online Internet Di perlukan untuk Pemula, dsb.. lol :)

5.Outbound link/ External link
Usahakan Outbound link/ links mengarah keluar masih ada hubungan dengan topic yang dibahas atau masih berhubungan dengan niche blog anda.

Tips diatas adalah mitos belaka, Percaya atau tidak terserah pada anda..! Salam.

19 komentar:

  1. pertamaxx
    he3
    bukan skedar mitos tuh..
    yg alami yg ke3- update-update n update!

    BalasHapus
  2. Wah tips yang dasyat mas benny, khusus no.2 ada yang mau saya tanya ya..saya pernah baca disalah satu komentar yaitu rumusan yang mengatakan bahwa khusus blog beraliran dofollow, setiap backlink yang ditinggalkan keblog lain om google akan mengurangi minus satu backlink untuk blog kita. Bagaimana mas ?, mohon penjelasannya..

    O iya, terimakasih trackbacknya ya...ada juga lho untuk sampeyan..hehe..

    Ricky
    Businessman

    BalasHapus
  3. @Sistem bisnis & D3 Dollar: Thank ya ats komentarnya..
    @Ricky:
    kata siapa mas, kalo begitu backlink kepunyaan mas ricky bisa min -100(tergantung byk komentar).. hehe..
    Gak koq mas,.. cuma yang harus diwaspadai bagi penganut blog dofollow adalah adanya komentar spam, karena itu yg paling mempengaruhi serp kita di google ataupun pagerank blog.

    BalasHapus
  4. Terimakasih sekali untuk tipsnya, sangat bermanfaat untuk saya, kadang saya langsung menulis tanpa memperhatikan hal-hal tersebut, baik akan saya gunakan untuk acuan blog saya.

    BalasHapus
  5. sangat bermanfaat infonya...

    Cara dapatkan backlink gmn ya?? maklum masih awamm

    thanks..

    BalasHapus
  6. Menarik ya...mudahan mitos ini ada benarnya...(kyk nya benar semua lho!)

    Bisa tukeran link kah...???

    BalasHapus
  7. menyoroti ttg keyword density ..wah trackback nya lucu jg nih ..hehe..:-)

    BalasHapus
  8. Ada ebook panduan SEO dari Google di blog saya, mampir!!

    BalasHapus
  9. hmm,,bagus ni buat masukan...

    BalasHapus
  10. Makasih postingnya mas...buat masukkan nih..

    BalasHapus
  11. Masih banyak istilah yang perlu dipelajari Mas, thanks ya tipsnya

    BalasHapus
  12. Wah, mas, udah banyak sih yang mengulas ini, tapi mau tanya, koq kayaknya blohg sampeyan ga ada poetingan bulan November????
    Memang belum posting, ato baru keluar kalo udah lewat November???
    mau nyari info baru nih!

    BalasHapus
  13. Bang Benny, ngresep banget yang disampaiin tentang tips bertahan di google. Bang, aku mau tanya ama sekaligus memberitahu untuk link disini = http://kelincex.blogspot.com/2009/01/how-to-add-different-meta-tags-to.html ke-"putus" bang. Masalahnya aku butuh info lanjutannya.

    Agak donk dikit dari apa yang di-"tutorialkan" dan dg sedikit me"reka-reka" apa yang membuat blog abang "be no. 1".

    Thanks bang benny atas tutornya, aku belajar banyak deh dari abang, aku terapin di blog-ku

    BalasHapus
  14. benar tu kayaknya..

    di Pandu Musica aja..masih bisa bertahan lama di google.padahal sainganya banyak juga...

    BalasHapus
  15. makasih gan tipsnya, good luck gan.

    BalasHapus
  16. masih newbie jadi masih belajar ginian :)
    btw thanks info nya

    BalasHapus
  17. thanks gan,saya rasa ada bnarnya jg mitos itu..

    BalasHapus
  18. makasi gan infonya bermafaat.
    salam kenal ya.



    Pasang iklan baris gratis cepat terindeks google + Backlink gratis
    Iklan Baris Gratis

    BalasHapus

Tolong gunakan... http:// ...dalam memasukkan URL ..!!
NO SPAM..!