06 Februari, 2009

Cara Mengetahui Peluang Bisnis Online Adalah Scam

Begitu Banyak Peluang Bisnis Online yang ditawarkan di internet merupakan scam. Scam berarti adalah penipu/ penipuan, pelakunya sering disebut dengan istilah Scammers sedangkan korbanya adalah Scammed, maka oleh sebab itu kita harus lebih berhati-hati dalam memilih dan jangan sampai mudah percaya dengan iming-iming yang menggiurkan dan akhirnya kita akan tertipu. Tapi menurut saya tidak hanya bisnis online saja yang beresiko merupakan scam bisnis ofline pun bisa demikian.

Banyak sekali kita mendengar laporan-laporan di internet mengenai seseorang korban Scammers, para scammers ini menargetkan orang2 yang rakus atau malas melakukan sesuatu dengan usaha bekerja keras dalam menghasilkan uang atau keuntungan, mereka memilih orang-orang yang ingin cepat kaya/ menghasilkan banyak uang/ profit dalam waktu sekejap tanpa adanya usaha kerja keras dan bahkan tidak sambil kerja pun bisa.(bagaimana mungkin..:)

Berikut ini sering kita dengar dan lihat rayuan maut dari para scammers dalam menjajakan bisnisnya :
  1. Mendapatkan uang sambil tidur. (mungkin dalam mimpi maksudnya.. hehe>>)
  2. Tidak perlu bekerja, biarkan uang anda yang berkerja buat anda. (salah satu Teknik marketing)
  3. Bila anda tidak puas dengan produk kami, kami akan mengembalikan 200% uang anda, :P
  4. Dan masih banyak lagi.. 
Contoh kedok jenis-jenis bisnis online secara umum yang sering kita jumpai dan harus diwaspadai :

1.High Yield Investment Program (HYIPs). Mereka meminta Anda untuk berinvestasi banyak uang, dengan janji keuntungan akan berlipat ganda dalam waktu yang sangat singkat. Hal ini biasanya melibatkan kerja sama investasi dalam beberapa jenis “proyek jangka panjang”

2.Multi Level Marketing (MLM). Ups, jangan berburuk sangka dulu, karena tidak semua jenis bisnis ini adalah scam/ penipuan. Mereka merupakan perusahaan yang biasanya mengeluarkan produk-produk berkualitas dan bermanfaat dan anggota-anggota mereka mendapatkan bonus/ bayaran jika berhasil menjual produk/ jasa mereka. Catatan : Jika mereka tidak punya produk/ jasa, dan hanya mencari anggota untuk bergabung, ini kemungkinan besar adalah scam.

3.Lottery Scams (undian berhadiah), sering kita menemukan salah satu situs di menu Popup nya berisi “ selamat anda telah memenangkan undian dan berhasil mendapatkan ( PS3, iphone, laptop, dsb)” . Biasanya mereka meminta mengunjungi situsnya, menyuruh anda mengisi form atau nomor kartu credit beserta pin. Kalau anda melakukannya dipastikan identitas anda telah dicuri.

4.Phishing Scams. Pernah kah anda menerima Email yang seolah datang dari BANK atau rekening online lainnya? dan meminta anda login lalu meverifikasi account anda. Bila dilakukan, kemungkinan rincian login anda akan direkam dan dijual kepada orang lain.

5.Scam berkedok pelelangan. Mungkin kasus ini sering terjadi di situs-situs pelelangan seperti eBay.com, banyak dari buyer/ pembeli tsb diberitahukan bahwa telah memenangkan sebuah tawaran, dan barang yang telah dibayarkan tidak pernah kunjung datang. Oleh karena itu situs seperti Ebay.com sekarang telah memberikan peraturan sangat ketat guna untuk mengantisipasi kejahatan2 yang dibuat oleh para scammers.

Dari beberapa contoh diatas mudah-mudahan kita dapat mengantisipasi dan memilah-milah Peluang Bisnis Online dan meminimalisir kemungkinan menjadi korban scam berikutnya dari orang2 yang tidak bertanggung jawab.

42 komentar:

  1. Dari dulu sampai sekarang aku kok gak ada bakat bisnis di dunia maya ya? Mungkin juga karena kurang niat. Lha wong ke warnet aja seminggu paling cuma sekali...gimana mau sukses?!? ;D

    Semoga bisnismu makin jaya mas Benny...trus nraktir aku. :D :D

    BalasHapus
  2. @Andri : semua orang punya bakat bisnis, cuma bener apa yang dikatakan mas andry mungkin kurang nya minat/ gak niat. sukses jg buat mas andri/ smoga tugas2nya disana dapat diselesaikan dengan baik. amin..

    BalasHapus
  3. eit berhenti dulu!!! bagus banget nih bisa untuk panduan dalam menjalankan bisnis internet. terima kasih infonya

    BalasHapus
  4. ooh begitu yah "mangut-manggut sok ngerti hehehe" so..
    waspadalah..waspadalah..

    BalasHapus
  5. @Fadhil : kenapa berhenti, lagi lampu merah ya.? hihi,... sama2 ya..
    @Wendy : yap waspada, inget pesen bang napi kan..? hehe

    BalasHapus
  6. bagus mas... terus diupdate mungkin bisa langsung aja dengan realita bisnis yang ada sekarang di internet... ulasan yang lokal juga mas.... saya ada email dari kawan tentang suatu situs yang katanya SIUPnya ama NPWP lain... terus kaalo bisa diulas juga macam depositeiniitu yang sekarang lagi tumbuh bak jamur.... jangan2 scam juga bla3

    BalasHapus
  7. iya nih om,kayanya semakin banyak yang melakukan penipuan seperti itu dan akibatnya banyak dari temen-temen yang pada jera untuk mencoba bisnis online.infonya bagus banget om.makasih

    BalasHapus
  8. sori br kunjungan balik ni mas..krn indosatim2 mlh tiba2 susah di akses nih..

    saya setuju banget, dr dulu sy juga pengen bgt bikin posting jg tentang mewaspadai scam..krn sy juga dulu pernah hilang uang di situs scam..tp ya dulu sih, skrg sy jd lbh berhati2..

    BalasHapus
  9. Salam kenal mas. makasih informasinya...

    BalasHapus
  10. @ibnu : makasih mas ibnu atas masukannya, sampai sekarang saya masih terus belajar dan mempelari bisnis lokal, baik dr segi potensial, keamanan maupun kwalitas,dll. tp untk saat ini sy lg blm ktmu momen yng tepat. mudah2an dlm waktu sy akan bahas sesuai dengan kapasitas bisnis yg sy miliki.
    @Ipanks : yap om, smoga kita lebih jeli dlm memilih dan belajar dari kesalahan2 yg pernah dialami ama temen2.
    @Yusa : sama mas saya juga pake indosat, emang akhir2 ini sering disconect mungkin karena faktor cuaca. gmn jawa barat pasti ujan terus kan? hehe
    @Zamahsari se : salam kenal juga mas, makasih udh berkunjung.

    BalasHapus
  11. wah om benny kalau boleh usul kasih link scammernya juga biar tidak tersesat blogger lainnya...

    BalasHapus
  12. kalau aq takut ama yang nomer 1 dan 3.........
    kalau nomer 2 aq soalnya ikutan n terbukti.....

    BalasHapus
  13. iye2 mungkin banyak janji kale yach.. yg mesti kita hati2

    BalasHapus
  14. benar, kalau kita tidak berhati-hati dalam belajar internet marketing kita bisa tertipu oleh beragam produk, maka dari itu sebelum membeli sebaiknya bertanya-tanya dulu mencari rekomendasi.

    BalasHapus
  15. @Mochal: Okeh om, permitaan disetujui. tunggu artikelnya berikutnya. :)
    @katobengke: hehe.. ternyata pemain MLM juga yah..?
    @Jaloee: yoi banget kang jaloee, harus kudu hati-hati...
    @ivana : same-same
    @Kafe: betul sekali, cari informasi sebanyak2nya mengenai produk/ program tsb. klo emang udh terbukti benar baru diIkutin/ dibeli.

    BalasHapus
  16. Yg d perlukan Dalam dunia bisnis adalah kepercayaan dan keyakinan.apa lagi d dunia maya.

    BalasHapus
  17. Makasih mas atas infonya,sangat berguna bngt wat aq,coz baru 1bln ikutin n liat2 bisnis online,low ada bisnis yg bagus n ga spam tolong ksh tau ke mail q hady212@gmail.com ya mas..

    BalasHapus
  18. Thx banget dech atas infonya mas .. bagus banget infonya . khususnya buat orang seperti sy .. yang sering tertipu di bisnis internet :( .. klu ada info bisnis internet yang ga spam tolong saya di email : etoon.partnership@yahoo.co.id thx before

    BalasHapus
  19. artikel yang bermanfaat sekali untuk memperingatkan saya yang masih baru di dunia bisnis ini, terima kasih mas, sekalian nanya ada informasi tentang www.payooclub.com termasuk scam atau bukan ?
    trus satu lagi sekedar saran dan masukan untuk jenis bisnis yang nomor 2. MLM kalo bisa diganti dengan Money Game, skali lagi terima kasih

    BalasHapus
  20. blog yang bagus full informasi, dan ini yang penting menurut saya..ijin taruh sedikit di blog saya pak ya..untuk membantu teman-teman yang berbisnis online agar lebih hati-hati

    BalasHapus
  21. @arifin: silakan mas, alangkah senangnya saya jika menautkan link ke asal sumbernya.. thank..

    BalasHapus
  22. Halo mas Benny!
    saya udah ikutin program affiliasi lokal yang beralamat:http://www.usahaweb.com/2857.html. Menurut pengetahuan mas, apakah mereka benar-benar akan mebayar kita?

    BalasHapus
  23. usahaweb.com kenapa gak bisa dibuka ya? ada yang tau

    BalasHapus
  24. kira-kira punya nggak daftar scam situs, tolong dikirimi, terima kasih banyak

    BalasHapus
  25. @Agusra:
    Coba kamu cek disini..!! http://bisnis-online-internet.blogspot.com/2008/07/daftar-list-scam-ptc-program-autosurf.html

    BalasHapus
  26. terima kasih atas artikel2 nya...menarik & bisa menambah wawasan saya...

    BalasHapus
  27. lalu menurut nas bisnis online mana mana yg benar agar para pemula tidak bingung?

    BalasHapus
  28. pemula nih, jadi takutttttttttt....

    BalasHapus
  29. Ya bro... infonya betul buanget ....
    kita harus hati -hati...
    tapi kalau tidak kita coba ??? ya kan gak tahu
    he he he salam kenal ..

    BalasHapus
  30. salam kenal, kira-kira bagaimana sistem kerja dari bisnis online yang scam? apakah sebuah situs penyelenggara bisnis yang tidak memuat atau jelas perusahaannya dapat disebutkan scam? karena saya bingung mau memulai bisnis aa yang benar-benar membayar

    BalasHapus
  31. Terima kasih atas informasinya... Saya kebetulan sedang mencari peluang bisnis MLM nih.. Semoga saya tidak tertipu lagi.. Kasian sama orang yang tertipu.. Bukan uang yang didapat, malah kehilangan uang

    BalasHapus
  32. Mantap Benny Andhika :)
    Info Anda sangat kita butuhkan bersama ... Terima Kasih !

    Walau kecil, tapi kalau bermanfaat kita bagi...
    DISINI saya sudah dibayar, walaupun hanya sedikit :) ... Pelajari dulu di http://erphandbisb.blogspot.com

    BalasHapus
  33. makasih informasinya gan,sukses selalu Bisnis Online nya...

    BalasHapus
  34. Terima kasih atas informasinya... Saya kebetulan sedang mencari peluang bisnis MLM nih.. Semoga saya tidak tertipu lagi.. Kasian sama orang yang tertipu.. Bukan uang yang didapat, malah kehilangan uang

    BalasHapus
  35. makasih bnget gan infonya..membantu sekali saya..dan benar apa kata agan bahwa tidak semuanya scam

    BalasHapus
  36. contoh no.1 yang benar2 harus diwaspadai tu..

    BalasHapus
  37. makasih gan peringatannya, itu membuat kita jadi lebh hati2 saat akan gabung di sebuah bisnis online..saat ini saya sedang mengikuti bisnis online profitclicking yg sudah terbukti membayar membernya.. silahkan anda googling apakah profitclicking termasuk yg scam atau bukan.. niscaya saat ini blm ada laporan scam.. yg ingin tau apa itu profitclicking, silahkan klik nick saya

    BalasHapus
  38. haha yang nomor 1 tu, money game. kagok2 pernah kena sekali. untuk cuma ikut kecil2an saja.

    BalasHapus
  39. woow.. info yang bermanfaat nih... ternyata suram juga ya kalo kita ga tau scam di IM.. terima kasih mas :)

    BalasHapus

Tolong gunakan... http:// ...dalam memasukkan URL ..!!
NO SPAM..!