09 September, 2009

Google Senang Pada Artikel Penuh Komentar

Setelah memperhatikan dan menilik cara pe-bisnis online pemula dalam menganalisa rangking suatu blog pada Serps di ajang Kontes SEO Stop Dreaming Start Action dan kontes-kontes lainnya ternyata google senang sama artikel/ posting yang banyak komentar. Memang ini hanya analisa mentah/ mitos dari saya sebagai peserta katro yang nekat mengikuti kontes terheboh tahun ini.

Alasan mendasar kenapa google lebih suka dengan artikel penuh komentar terlihat dari bukti-bukti selama ini, silakan anda perhatikan saja posisi puncak atau yang berada dihalaman pertama google Indonesia pada kontes “Stop Dreaming Start Action” atau juga Kontes SEORusli Zainal Sang Visioner” dan yang lebih baru “Mengembalikan Jati Diri Bangsa” rata-rata/ sebagian besar postingan di blog tersebut memiliki banyak komentar.

Apakah ini cara baru google dalam meranking suatu halaman blog disamping faktor lain tak kalah penting seperti halnya Target Backlink, Targeted hosting dan keunikan artikel. Entah lah pastinya ini menurut cara pandang saya saja selaku pemilik blog bisnis online pemula yang hanya bisa mengandai-andai.

Bagaimana menurut serta pendapat anda? Apakah setuju dengan analisa admin Blog Bisnis Online ini bahwa google lebih senang pada artikel yang penuh komentar?? Hehe.. klo iya sok atuh bubuhi artikel Kontes anda atau suruh teman-teman sebanyak-banyaknya untuk berkomentar di blog anda Agar Sukses Action dan tampil di halaman pertama mesin pencari google, namun perlu diperhatikan jangan komentar sendiri ya nanti dikira Google malah spam karena yang comment menggunakan 1 IP Address. hixx

Oya sedikit menyetil secara tidak langsung pada artikel yang saat ini dilombakan yaitu SDSA. Eitt.. gak jadi ach..!! salam Action aja deh..!! huee.. :)

29 Komentar: "Google Senang Pada Artikel Penuh Komentar"

Faisti mengatakan...

Menurut aku SEO tuh gampang gampang susah, apalagi si google suka ama blog yg rame komentar, lebih susah lagi niiih...:) sadar sih, blog baru kayak punyaku wajar masih sepi komentar, tapi emang sabar & tekun tuh perlu ya?

Ricky mengatakan...

Penilaian banyaknya komentar masuk pada blog aliran doffolow dan noffolow ada bedanya ga ya mas dimata search engine ?, thanks ya...

Denny mengatakan...

hmmm, iya si tak perhatikan juga gitu. tapi harus jeli2 juga memilih commentar, takutnya spam juga. hahahaha. *lol

nambahin Faisti .: tekun dan fokus :D

tapi aku salut ama mas benny, dia tekunnya kelewatan jadi walau ga fokus pada satu kontes, tetep isa merajai sana sini :D

viva blogger!

kombor mengatakan...

Justru saya pernah baca di tempat Matt Cutts bahwa kita harus berhati-hati dengan komentar di blog kita. Apabila ada komentar yang off topic alias tidak relevan dengan konten yang kita tulis maka comments seperti itu akan berpengaruh buruk pada pagerank karena betul seperti isi komentar #1 di atas bahwa google crawls all contents, termasuk komentar.

Mengenai amatan owner bisnis online bahwa rata-rata artikel pemenang kontes memiliki banyak komentar perlu dibuktikan dengan backlinks yang didapat oleh artikel kontes tersebut. Mana yang lebih banyak backlinks dan mana yang lebih banyak dapat backlinks dari domain dengan PR dan AR tinggi.

Benny Andhika mengatakan...

@Ricky: tergantung mas, kalau yang komentar masih nyambung dengan topik bahasan tidak apa2, namun klo mau lebih aman ya pake Nofollow aja. :)

@Kombor: menurut informasi yang saya ketahui kuantitas backlink maupun berasal dari PR tinggi sekalipun akan kalah bobotnya dengan blog ber PR rendah namun memiliki kesamaan niche. sedikit saja asal tepat akan sangat perbengaruh terhadap Serps (Target Backlink). salam.

Bisnis Tiket Pesawat mengatakan...

Setuju Mas Benny. Kalau pada blog banyak terdapat komentar pengunjung berarti blog tersebut cukup populer, google pagerank dinilai juga dari popularitas blog (mungkin gitu ya Mas) Thanks ya

vikhi mengatakan...

bang ben, artikel mengembalikan jati diri bangsaku ilang nih dri peredaran... apa masuk sandbox ya...????
tolong jawabannya ya bang... newbie nih...

Andri Journal mengatakan...

Sini aku tak ikutan komentar, biar google tambah sayang sama blogmu ini...hehe...

Benny Andhika mengatakan...

@Risma: yup mas,. popularitas merupakan salah satu faktor penilaian penentuan pangerank.
@vikhi: Biasa tuch mas, mungkin over optimize aja mas karena artikel tesebut masih tergolong baru,.. coba usahakan perbanyak natural backlink terutama dari blog dummy yang berkualitas dan harus di imbangi dengan update on page serta balance backlink halaman index (domain) harus seimbang dengan backlink yang ada diposting jangan sampai porsinya terbalik.
@Adri Journal: hehe.. pak dokter udah lama gak mampir. met puasa ya..?

heru mengatakan...

wah masih kurang tau mas hehehe, masih newbie mas.
salam sukses selalu

kisaranku mengatakan...

wah...mantab gan,,
sy ngangguk2 aj bacanya...

selamat atas juara kontesny yah mas..

Objek Wisata di Pandeglang mengatakan...

wah kalo gitu strategiku ngeclose komentar perlu ditelaah lagi nih.. hahahaa..

Tutorial SEO mengatakan...

kalo gitu saya bantuin nambah jumlah komentnya bang.. haha
Semakin mendekati hari H, semakin gencar semuanya optimasi poll2an

desi mengatakan...

kadang2 hasil SERP berdasarkan teks di komentar juga lhoo, aku sering nyasar ke blog yang isinya no keywords, malah keywordsnya didapat dari Komentar Orang lain... weleh weleh

vikhi mengatakan...

thnk u bang ben buat jawabannya....
God Bless U...

yusa mengatakan...

kalo tentang banyak komentar sy blm yakin juga nih..hehe..apa bener yah jd seperti itu mas..ya utk kontesnya silahkan dilanjut yah..

Tutorial SEO mengatakan...

Congrats atas kemenangannya bang..
http://www.bambangoke.com/2009/09/congrats-to-bang-benny.html

Rahasia.In mengatakan...

bukan komentar yang banyak jadi acuan, tetapi relevansi komentar dengan posting yang harus pas.

Ari mengatakan...

Keren nih.
Newbie, walau agak lama jarang Posting jadi ilmunya gak nambah-nambah.
Hiks....

rental mobil di surabaya mengatakan...

saya liat2 juga seperti itu.

iskandaria mengatakan...

Kalo menurut analisa saya sih belum tentu karena banyak komentar. Tapi logikanya kita balik saja.

Karena blog tsb.muncul pada halaman pertama (berkat backlink yang kuat), banyak blogger yang mengunjungi blog-blog yang muncul di halaman pertama itu (pada saat ia mengecek), lalu ia pun memberikan komentar sebagai wujud apresiasi atau dukungan. Gimana menurut mas denny?

Sbagyo mengatakan...

Kemungkinan analisa boos ben,benar!
Karena telah dibuktikan dgn menjadi no 2 di SDSA.
Selamat boos ben.

bisnis online mengatakan...

Makasih buat tipsnya

Iqbal Anas mengatakan...

Banyak komentar memang harus banyak UV setiap hari. Kembali ke traffic juga masalahnya.

Kenali Dan Kunjungi Objek Wisata Di Pandeglang mengatakan...

Hmm. . .mungkin jg sih. .tp klo dipikir2 lg memang ada benernya mas.

Ya. .yg penting rajin update blog, ini yg sampai skrng menurut saya sangat disukai oleh google :D

IRupiah.com mengatakan...

aku nambahin comment supaya posting ini tambah di senengin ama google:)

kalau menurutku sih perlu data yang lebih banyak lagi untuk bisa mengambil kesimpulan seperti itu. saya sendiri kurang begitu yakin.

hanum mengatakan...

yang penting kontennya mesti original tidak copas, kreatif dan menarik. Dengan sendirinya akan mendatangkan banyak komentar ^_^

ulfa mengatakan...

Sering2 jg blogwalking...qiqiqiq:-)

teguh mengatakan...

thanks.. infonya...

Poskan Komentar

Tolong gunakan... http:// ...dalam memasukkan URL ..!!
NO SPAM..!

Artikel Bisnis Online Terbaru !

Komentar Bisnis Online Terbaru !

About Me

Foto saya
Blog Berisikan Artikel Informasi Bisnis Online di Internet, Tips Trik Bisnis Terpercaya. ☆ Support: Rusli Zainal Sang Visioner From Riau & Stop Dreaming Start Action SEO Contest.

Bisnis Online | Artikel Internet | Tips Trik Bisnis © 2009 Template by Dicas Blogger.

Contact US | XML | TOP