10 Maret, 2009

5 Tips Sukses Menjalankan Program Bisnis Affiliate

Dari kemarin mau bikin artikel tentang Bisnis Online tapi sayang-nya belum ada ide, lalu saya coba browsing ke situs luar sembari mencari inspirasi kemudian menemukan artikel menurut saya berguna buat pe-bisnis online yang baru mulai menjual produk serta ingin mengembangkan affiliate marketing-nya. Dan bagi yang belum, Maka ini dapat nantinya dijadikan masukan untuk pengembangan bisnis online affiliate pada masa yg akan datang.

Dari artikel asli-nya berjudul “5 Tips for Making Money with Affiliate Programs” saya mencoba sedikit men terjemah-kan tetapi pastinya menurut cara saya sendiri. Hue..


1.Relevansi Antara Pembaca, Produk dan Konten
Salah satu kunci untuk mendapatkan konversi tinggi ketika mempromosikan produk affiliate adalah sebisa mungkin menyesuaikan kebutuhan audiens anda, dengan produk yang anda promosikan dan konten dihasilkan dari blog anda.

Misalkan Kita membuat ebook tentang “Sukses Bisnis Online Untuk Pemula”, maka kita harus membuat blog yang berisi konten tentang prinsip dasar Bisnis Online itu sendiri. seperti cara cepat mempromosikan web/ blog, tips dan trik bisnis online, tips mendatangkan banyak trafik/ pengunjung, strategi bisnis, jenis-jenis bisnis online, teknik bermain Forex, top keyword google adsense, menghasilkan uang dari bisnis PTC, dan masih banyak lagi.

2. Membangun Kepercayaan
Saya berfikir bahwa promosi affiliate yang paling ampuh adalah bekerja dengan blog dimana kita dapat ber-interaksi secara langsung terhadap pengunjung dengan cara ini selain ber-promosi kita juga akan mendapatkan banyak teman sesama blogger lainnya.

Contoh: bila kita membaca artikel-artikel/ konten di blog seorang pe-bisnis online sukses dimana ia selalu memberikan masukan, nasihat, kaya informasi dan bermanfaat bagi pembaca-nya bukan tidak mungkin blog tersebut menjadi besar dengan demikian akan lebih mudah untuk menawarkan serta menjual produk affiliate-nya.

3. Traffic Pengunjung
Ini penting!! Traffic bisa dimasukkan ke dalam kategory inti dari teknik marketing anda, karena semakin banyak trafik maka akan tinggi pula peluang penjualan bisnis/ produk anda

*Untuk tips mendatangkan banyak traffic bisa di googling ke Search Engine, anda akan menemukan bagaimana cara, kiat dan tips menghasilkan lalu lintas (traffic) di web/ blog.

4. Perkuat Pesan Email (Autoresponder)
Buatlah sesering mungkin pesan terbaru pemasaran produk anda, tidak cukup hanya sekali, lakukan-lah secara berkala dan teratur.

Nb: Nanti akan saya jelaskan lebih rinci tentang hal ini di artikel berikutnya..!

5.Posisi Iklan (Strategy Promosi)
Jangan terlalu berlebihan dalam menawarkan produk anda, seperti meletakkan banner produk setiap kali posting. Ini akan berdampak berkurangnya kredibilitas dan nilai jual dari harga produk yang akan di tawarkan. Lakukanlah secara professional.!!

Contoh: Coba liat seorang sales yang ber-tamu ke rumah anda, ada gak begitu salaman langsung menawarkan produk affiliate-nya ? mereka pasti setidaknya basa-basi dulu.:)

28 komentar:

  1. Udh lama ngga affiliate-an lagi mas.. perlu pencerahan lagi..

    BalasHapus
  2. @Yusa: yoi banget mas.. thank ya

    BalasHapus
  3. wow wowo wow owo....mantappp infonya...gimana ya cr traffic yang besar??? kalo cuma modal nembak keyword, kdg cm mendatangkan visitor kagetan. yang kt perlukn adalah visitor setia, setia mengunjungi blog kita setiap hari.

    BalasHapus
  4. @Casualcutie: bukan-nya setia bisa juga timbul berawal dari kejutan-kejutan yang mengagetkan?? okeh kita ambil kemungkinan terkecil aja, dari 1000 pengunjung kagetan yg datang masa gak ada satu pun yg kecantol.. :) hehe..

    BalasHapus
  5. mau coba affiliate lagi nih om biar ada tambahan penghasilan.makasih om utk tipsnya

    BalasHapus
  6. iya sih pasti ada aja yg kecantol. tp susah juga datengin visitor sebanyak itu mas. harus pintar nembak keyword ya...

    BalasHapus
  7. @ipanks: sama2 om, thank jg ya.. sukses slalu buat master ipanks.
    @Casual Cutie: yap mbak, itu salah satu strateginya.. tapi selain itu ada hal yang lebih penting lagi adalah rajin posting, apa lg klo artikelnya lg populer atau paling banyak dicari dan bermanfaat.

    BalasHapus
  8. 5 Tips jitu mas bermanfaat mas benny, menawarkan produk afiliasi lewat blog merupakan cara yang jitu .Karena memudahkan pendekatan secara personal kepada calon client kita.

    -salam kenal-

    BalasHapus
  9. bos sekitar 2 bln lalu sy bikin blog.saat ini pengunjung sekitar 170 an.saat ini sy baru ikut bisnis online yaitu reseler ebook menggunakan afiliatet.blog yg sy buat dulu tidak ada hubungan nya dng bisnis online,utk meningkatkan kunjuangan ke afiliatet sy apakah perlu bikin blog lagi yg ada hub.dng bisnis online.upaya saya meningkatkan kunjungan ke afiliatet saat ini menggunakan iklan bulanan dan iklan pcc.apa selamanya sy harus pasang iklan? mohon pencerahanya. blog sy pun saat ini sy pasang link afiliatet walaupun blog sy tdk ada hub,dengan bisnis online afiliatet, artikelnya bagus2,blognya bos juga bagus, artikelnya menambah ilmu buat pengunjung dan sangat bermanfaat .sorry commentnya pasti kepanjangan thx"s suksessss......

    BalasHapus
  10. Wedy: Jenis Ebook nya apa dulu? tentang bisnis online, atau apa..? tp lebih baik membuat blog seharusnya disesuaikan dengan produk yg akan di tawarkan..

    BalasHapus
  11. Informasinya rapi dan bertahap. Saya sudah mencoba melakukan semua tahap, namun masih belum optimal. Gimana ya cara membangun kepercayaan dan meningkatkan traffic yang efektif?

    http://www.bisniscahyo.com

    BalasHapus
  12. Wah boleh nih ilmunya saya copy buat baca-baca ya Om. Thanks for sharing

    BalasHapus
  13. infonya bagus banget, bisa memberi gambaran cara menarik minat pembeli

    BalasHapus
  14. trims infonya, kalau mengirim email follow up enaknya brp kali dlm seminggu?

    BalasHapus
  15. blog yang bermanfaat, salut 4 mas benny a.

    pesan gue, bagi para blogger yg berminat affiliasi GRATIS bagi hasil sekitar 50% .

    silakan daftar, asal punya blog, bisa gratis jadi affiliasinya tuh mas. di http://jadipebisnis.com/?ref=marina

    BalasHapus
  16. ya, untuk memaksimalkannya harus langsung action. less teory more actions.

    BalasHapus
  17. Maksudnya, "Jangan terlalu berlebihan dalam menawarkan produk anda, seperti meletakkan banner produk setiap kali posting." itu gimana Mas? Kalau bannernya emang ditaruh di bawah posting pakek plugin (blog Wordpress) apa kesannya juga sama?

    Hm... Dari 5 poin di atas sepertinya bisnis affiliasi ini bisnis jangka panjang juga ya...

    BalasHapus
  18. bambang dari sragen minta tolong caranya berbisnis no hp 087836068438

    BalasHapus
  19. Bos kalau INi Bagus ga, di nyediin web atas nama user, dan membayar sewa hosting dan keanggotaan, mohon pencerahannya..., oh iya untuk bulan pertama gratis bos hehe

    BalasHapus
  20. perlu belajar banyak nih. ijin kopas gan...

    BalasHapus
  21. Info mantabs, dan bisa dijadikan pembuka kesuksesan affiliater khususnya yang masih belum memiliki tehnik dan trik affiliate " yang rapi " . memang saat ini jutaan calon prospek bisnis .sudah lebih cerdas dan memiliki pertimbangan yang matang sebelum memutuskan untuk memiliki satu produk. tapi itu bisa kita atasi dengan melakukan pendekatan melalui sarana BLOG...artikel dalam BLOG bisa menjadi jembatan buat prospek memiliki produk yang anda tawarkan, tetap semangat....

    BalasHapus
  22. saya termasuk masih baru dalam bisnis online, tentunya tips ini jadi masukan buat saya. trims atas tipsnya

    BalasHapus
  23. moga manfaat.... antara teori dan praktek kadang susah ketemunya.....

    BalasHapus
  24. thnks gan tipsnya sangat bermanfaat bagi saya yang termasuk pemula di bisnis online,sukses selalu gan.


    http://www.asetBCA.com/?id=ariasa

    BalasHapus
  25. wah sangat membantu kbtulan sya jga mau bkin usaha online :)

    oya sexan promo tolong follow blog sya ya :D
    maaf g pake basa basi :D

    BalasHapus
  26. Saya 100% setuju dengan 5 tips di atas. Hanya saja memang tidak semudah mengatakan itu. Kita masih membutuhkan pengetahuan dan pengalaman bahkan ketrampilan untuk membuat semuanya bekerja maksimal. Kita pun butuh waktu, kesabaran dan konsistensi untuk mewujudkan. Kita semua ingin jumlah visitor dengan konversi yang baik, tetapi sekali lagi itu butuh kerja keras dan cerdas untuk membuatnya terjadi. Tetap berusaha, belajar dan action adalah cara baik untuk di lakukan. Trims infonya dan salam kenal.

    BalasHapus
  27. Gan thank atas ilmunya, dan salam kenal
    http://heribelajar.blogspot.com

    BalasHapus
  28. Ini bisnis online paling susah tapi juga paling menjanjikan untungnya

    BalasHapus

Tolong gunakan... http:// ...dalam memasukkan URL ..!!
NO SPAM..!