10 Juni, 2009

Tips Sebelum Membeli Ebook Bisnis

Kalau ngomongin dan memperhatikan perkembangan ebook bisnis di Indonesia sepertinya tidak ada habisnya, bisa diibaratkan mati satu tumbuh 2,3 sampai 1000. Dari makin maraknya penawaran ebooks bisnis online tersebut pastinya sebagian pengguna internet/ calon pembeli akan semakin bingung sendiri menentukan pilihan membeli mana yang cocok, tepat dan baik untuk mereka, belum lagi ditambah keraguan dengan isu-isu negatif mengenai sebagian e-book yang dipasarkan.

Saya yakin seiring pekembangan dunia internet marketing dan bisnis online di Indonesia pemikiran kita sebagai pemula akan berkembang pula, karena proses itulah yang membuat kita semakin pintar dan dapat memilah mana produk bisnis menguntungkan dan merugikan.

Kembali kemasalah utama, Saya Tanya kepada anda, apa tujuan dasar anda membeli ebook bisnis?
  • Apakah hanya ingin sekedar menjadi affiliate/ reseller dengan mengambil keuntungan dari setiap kali transaksi penjualan melalui link affiliate anda?
  • Apa ingin mencari referensi tempat belajar, informasi tambahan yang dibutuhkan, guru, bimbingan, komunitas?
  • Atau ingin kaya MENDADAK dari membeli ebook tersebut.?
Nah kalau niat anda yang terakhir saya sebutkan dari pertanyaan diatas, mendingan exit aja dech dari blog bisnis online gratisan ini…! karena rasanya percuma artikel ini ditulis jika dibaca sama orang aneh* hue.

Mudah-mudahan anda bukan termasuk golongan orang aneh* yah..? hehe,, Yup lanjut..!

Berikut Sekedar Tips Sebelum Membeli Ebook Bisnis Online Untuk Pemula:

1.Sesuai Minat Dan Kebutuhan
Carilah e-books sesuai kebutuhan dan minat anda, tidak harus e-book type bisnis, ebooks apa saja yang menurut anda berguna dan membantu. Jangan mudah Terlena dengan penawaran bonus-bonus produk lainnya. Tetap focus pada tujuan semula, yaitu niatan anda membeli e-books.

2.Perhatikan Materi Pokok
Pada saat anda mengunjungi sebuah situs/ web penjualan, lihat materi pokok yang dibahas di ebook bisnet tersebut. Sudahkah sesuai dengan kriteria keinginan anda atau tidak?

3.Kualitas Ebook
Cari informasi sebanyak-banyaknya di internet melalui search engine seperti google. Tentang tanggapan orang-orang mengenai kualitas produk/ ebook tersebut. Dari sekian banyak informasi yang didapatkan hitung persentasenya. Jadi secara logika dari sekian banyak tanggapan, berapa persen yang mengatakan baik dan tidak. Kalau dari semua 70% menyatakan e-books bisnin itu bermanfaat buat mereka atau benar-benar berkualitas dan sesuai dengan harapan. Sepertinya layak untuk anda coba/beli.

4.Kenali Pemilik Produk/ Pembuat Ebook.
sama seperti No. 3 cari info sebanyaknya!! tapi saran saya lebih baik beli e-books bisnis dengan orang yang sudah lama menggeluti dunia internet marketing dan telah sukses sebelumnya, sehingga resiko untuk tertipu dapat diminimalisir. Walaupun tidak menutup kemungkinan masih bisa tertipu. :). (lagi-lagi bicara logika.. tidak ada usaha bertahan lama jika tidak benar/ menipu.)

5.Kenali Komunitas/ Member.
sebenarnya cara pendekatan personal seperti ini saya anjurkan untuk anda sebelum membeli ebook bisnis. Misalkan salah satu dari mereka memiliki blog/ site, anda dapat mendekati si admin blog tersebut dengan mengirimi email atau lebih baik secara langsung bertanya melalui YM. Cari orang yang bisa diajak berdikusi dan menurut anda tepat. Usahakan lebih dari dua orang sebagai bahan pembanding.

6.Pelayanan/ Service.
Jika No.3-5 sudah diterapkan perhatikan juga layanan service mereka, bagaimana pelayanan setelah menjadi member, apakah memuaskan dan benar adanya? apakah bisa benar-benar membimbing anda. Karena selama ini masih ada sebagian saya dengar keluhan dari member tentang ketidak puasan layanan yg diberikan. Dalam arti setelah melakukan pembayaran/ transaksi ebook bisnis, kemudian anda diacuhkan alias disuruh berjalan sendiri.

Mungkin tips diatas bisa membantu anda dalam berpikir sebelum membeli ebook bisnis.. Semoga Bermanfaat..!!!

23 komentar:

  1. Tips2nya sangat menarik mas..ya menurut sy penjualan ebook ini akan terus berkembang.. jd kt jg hrs bisa memilah2 jg ebook yang berkualitas

    BalasHapus
  2. Tips yang bermanfaat mas benny, memilih e-book berkualitas diinternet memang seperti mencari jarum ditumpukan jerami (saking banyaknya..hehe). Meskipun demikian riset diatas bisa dijadikan acuan untuk memiih produk yang berkualitas.
    Termakasih tipsnya mas benny,

    salam sukses

    BalasHapus
  3. makasih y mas infonya... salam kenal.

    BalasHapus
  4. seperti ditulis diatas, Aftersales service memegang peranan penting, karena disinilah kepuasan pelanggan diukur, jika ada yang tidak puas, gosip2 buruk akan menyebar jauhlebih cepat.

    BalasHapus
  5. @Yusa:
    Betul Mas, semoga dengan makin berkembangnya penjualan ebook bisnis di indonesia akan membawa dampak baik.
    @Peluang bisnis:
    Kalau spt cr jarum ditmpkn jeramai, berarti susah dong mas cari ebook bisnis yg berkualitas.. hhee
    @Online Business Tutor: Sama2.. slm knl jg.. thank udh berkunjung

    BalasHapus
  6. Bisnis Online10 Juni, 2009 17:48

    @David
    Yap mas, jika sudah menyebar.. agak susah pulih. alnya sekali orang mempublikasikan artikel, tidak bakal hilang bekasnya.. tetep nyangkut di google. hue..

    BalasHapus
  7. klo beli e-book pke duit. bagi pemula mending ikut survey pa ptc ja gratis. cba dulu deh.
    contoh :http://indosurveyor.com/?id=marikiloves
    oato ptc yg byk sodara
    http:///www.zumin-ads.com/index.php?ref=marikiloves

    BalasHapus
  8. casualsutie selama ini belum pernah sekalipun tertarik membeli ebook. lebih bak belajar sendiri secara ortodidak

    BalasHapus
  9. makasih atas infonya mas, lam kenal yaa

    BalasHapus
  10. BAGUS SEKALI TIPS dan INFONYA!

    Boleh tambahin lagi nih infonya:

    "...disarankan anda tidak melakukan transaksi online bila baru saja online di internet! Kadangkala nafsu untuk transaksi online sering mengalahkan logika berfikir dalam menilai kepantasan suatu produk yang diinginkan.

    Bila ingin membeli sewaktu online, lakukan esok hari saja setelah anda mencatat segala sesuatunya seperti: nomor rekening tujuan, no. telepon, alamat email, jumlah transaksi, dsb.

    Lakukan transaksi untuk hari ini apabila anda sudah berfikir jernih dan mantap pada hari sebelumnya!..."

    Thx, semoga tambah luas lagi wawasannya...

    ARTIKEL dan TIPS BISNIS

    BalasHapus
  11. Betul bro, kita mesti hati2,banyak para penjual ebook itu cuma ngasih info global aja, tapi di bungkus dgn janji2 yg selangit.ya mana ada sih orang yang mau ngasih rahasia dia dapat duit banyak,takut kesaing dong he..he..

    BalasHapus
  12. Kl da orang beli ebook karna ingin kaya mendadak dan ingin membaca posting ini sebaiknya gak usah diusir, siapa tahu dgn membaca blog ini dia bisa sadar, maklumlah mungkin dia pemula. Lagian kebanyakan ebook kan salles letternya ngomongnya masalah cepat kaya, jadi bagaimana kita bisa tahu isi ebook tsb?

    BalasHapus
  13. terima kasih mas atas artikelnya yang menurut saya layak untuk dibaca sebagai panduan dalam memilih sumber informasi tertama karena saat ini merebak fenomena ebook sampah.Akan tetapi memvonis sebuah ebook itu sampah atau tidak tergantung siapa yang melihatnya, kalau orang awam mungkin berguna akan tetapi ketidak jujuran dan penetapan harganya yang tidak transparan dan berlebihan.maaf ya kalo kepanjangan komennya.

    BalasHapus
  14. mau ebook berkualitas tapi murah?
    kumpulan ebook yang dijual mahal di tempat lain, kami obral habis-habisan BUKTIKAN!!!

    BalasHapus
  15. saya juga menyediakan beragam Ebook-Video Tutorial-Software Bisnis Online Marketing

    Produk di bawah ini merupakan kumpulan dari berbagai sumber panduan marketing software, ebook dan video tutorial yang akan membantu anda dalam merancang dan membuat sebuah website

    http://panduan-lengkap.blogspot.com/

    BalasHapus
  16. hah... top nih tips-tips nya. emang perlu diperhatiin dulu sebelum beli ebook...

    thx ya...

    BalasHapus
  17. Oke gan,,, emang kalo tidak jeli bisa2 kita nyesel telah membeli produk ebook tertentu,,, mantapp gan tipsnya.. "Blogger Jepara"

    BalasHapus
  18. yupz..saya rasa di dunia maya memang dibutuhkan kejelian,kecuali bg yg emang hobi baca atau sekedar untuk menambah ilmu..

    BalasHapus
  19. Terima kasih atas informasinya mas.. Banyak mereka yang membeli ebook bisnis karena mereka tahu bahwa bisnis itu sedang laku-lakunya di internet.. Sehingga berpikir untuk mengambil keuntungan sebanyak2nya... Tidak untuk belajar.

    BalasHapus
  20. Terima kasih atas informasinya mas.. Banyak mereka yang membeli ebook bisnis karena mereka tahu bahwa bisnis itu sedang laku-lakunya di internet.. Sehingga berpikir untuk mengambil keuntungan sebanyak2nya... Tidak untuk belajar.

    BalasHapus
  21. Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

    BalasHapus
  22. bermanfaat sekali mas artikelnya ,

    dan mungkin di bawah ini ada ebook yg bisa menghasilkan keuntungan juga bagi kita semua
    silahkan kunjungi.
    http://www.formulabisnis.com/?id=virgi

    BalasHapus

Tolong gunakan... http:// ...dalam memasukkan URL ..!!
NO SPAM..!