14 Juni, 2008

Multi Level Marketing

Pengertian Seputar Multi Level Marketing

MLM Bagian 1

Pepatah mengatakan, Tak Kenal Maka Tak Sayangnya. Hal itulah yang mungkin cocok untuk menjelaskan mengapa orang berpandangan miring soal bisnis Multi-Level Marketing (M.LM). Karenanya, begitu ditawarkan peluang bisnis ini, orang akan menjauh dan lari seribu langkah untuk tidak melihat peluang yang ditawarkan.

Padahal, kalau kita tahu tentang sistemnya, kita akan melihat bahwa tidak ada yang harus ditakutkan.

Multi-Level Marketing, atau yang sering disebut sebagai M.LM, merupakan salah satu cara pemasaran untuk menjual barang secara langsung (direct selling). Direct selling/penjualan langsung itu sendiri, pengertiannya adalah penjualan barang dan/atau jasa tertentu kepada konsumen dengan cara tatap muka di luar lokasi eceran tetap oleh jaringan pemasaran yang dikembangkan oleh Mitra Usaha dan bekerja berdasarkan komisi penjualan, bonus penjualan dan iuran keanggotaan yang wajar (www.apli.or.id). Dalam menjalankan Direct Selling tersebut, biasanya sebuah perusahaan menggunakan 2 (dua) cara, yaitu:

1. Single Level Marketing (Pemasaran Satu Tingkat), yang maksudnya adalah :

Metode pemasaran barang dan/atau jasa dari sistem Penjualan Langsung melalui program pemasaran berbentuk satu tingkat, dimana Mitra Usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan dari hasil penjualan barang dan/atau jasa yang dilakukannya sendiri.

2. Multi Level Marketing (Pemasaran Multi Tingkat), yang maksudnya adalah :

Metode pemasaran barang dan/atau jasa dari sistem Penjualan Langsung melalui program pemasaran berbentuk lebih dari satu tingkat, dimana mitra usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan dari hasil penjualan barang dan/atau jasa yang dilakukannya sendiri dan anggota jaringan di dalam kelompoknya.

Dilihat dari pengertiannya, tidak ada yang harus ditakutkan dari sistem pemasaran Multi Level. Namun tetap saja kita harus berhati-hati dalam memilih perusahaan penjualan langsung. Beberapa hal di bawah ini harus diperhatikan saat kita memilih perusahaan penjualan langsung:

  1. Mitra usaha hanya boleh membeli keanggotaan dari perusahaan satu kali saja.
  2. Perusahaan tidak boleh memberikan keuntungan kepada Mitra Usaha hanya atas hasil rekrut anggota baru.
  3. Di perusahaan, harus ada barang atau jasa yang diperdagangkan dan dipergunakan oleh konsumen.
  4. Barang tidak dipergunakan sekedar sebagai kedok, yang akan terlihat bila barangnya dijual dengan harga yang tidak wajar.
  5. Keuntungan atau laba yang diperoleh anggota adalah terutama berdasarkan penjualan barang atau jasa kepada konsumen, bukan dari rekruting anggota baru.
  6. Ada pelatihan tentang pengetahuan produk dan cara menjual kepada mitra usaha.
  7. Ada buy back guarantee (jaminan beli kembali setelah diperhitungkan semua biaya-biaya terkait) dari perusahaan atas produk atau inventory yang masih layak jual milik anggota bila anggota mengundurkan diri dari perusahaan.

Jadi, jangan takut jika Anda ditawarkan bisnis direct selling. Dengan bisnis direct selling, modal yang dikeluarkan tidak akan sebesar memiliki toko sendiri, karena biasanya kita tidak akan diminta untuk menjadi tempat penimbunan barang, melainkan berjualan melalui katalog, yang bisa kita bawa kemana saja.

Sumber: www.apli.or.id

14 Komentar: "Multi Level Marketing"

JoVie mengatakan...

Bener banget Pak..banyak yang menganggap miring ttg MLM..padahal MLM itu bagus lhoo...

saya juga nulis ttg MLM, di link ini :
http://jovieblog.blogspot.com/2008/05/mlm-vs-money-game.html

saya cantumin Video Robert T Kiyosaki juga

Bale Pulsa mengatakan...

Setuju mas.... banyak MLM sekarang muncul tapi tidak jelas dan sering hilang lagi namanya

kalau Bisnis Pulsa Kek http://www.balepulsa.co.cc MLM gak ya?

mohamad amrun mengatakan...

klo http://pulsasuper.com/id/pg1543 sepertinya oke ya pak

songan_gati mengatakan...

http://hasilkan-uang-dari.blogspot.com/2009/02/menghasilkan-ribuah-dolar-cara.html :


MLM memang menarik an bisa membuat untung, sperti yang saya daftarkan disini, cuma rekrut 10 orang kita bisa Berkembanh , internetan daped DUID,

coba kunjungi :
http://hasilkan-uang-dari.blogspot.com/2009/02/menghasilkan-ribuah-dolar-cara.html

songan_gati mengatakan...

DaftarNya disini Ya

MLM memang menarik an bisa membuat untung, sperti yang saya daftarkan disini, cuma rekrut 10 orang kita bisa Berkembanh , internetan daped DUID,

akbar96 mengatakan...

menurut saya MLM yang paling bagus ada disini:

http://tinyurl.com/cu2opg

Anonim mengatakan...

semua MLM sebenarnya Bagus...tinggal para pelakunya menjalakan bisnis tersebut, berfikir pragmatis tentang bisnis apa yang sedang kita geluti.

aan mengatakan...

mlm??? penasaran seh.. semua bisnis ok menurutq..
semua perlu kerja keras..

ristjo mengatakan...

wah aklo ane udah fanatik pake ini nih ;

http://tinyurl.com/MLM-terpercaya

gimana gak...?
1.daftar hanya Rp 35.000
2.komisi per downlinenya Rp 15.000
3.situsnya yang ngunjungin minimal 100 orang perhari
4. ane baru 1 minggu udah dapat hasil...Bukan bo'ong looo

kunjungin aja

http://tinyurl.com/MLM-terpercaya

kalo gak percaya....

CERITA-CERITA MENARIK DARI CEWEK IMOUT mengatakan...

IIA PAK...SAYA JUGA ANGGOTA MLM
yaitu THIENS,SAYA BARU BERUMUR 16 TAHUN MURID SMK...khesbyati
tapi dalam bkerja di mlm kita perlu semangat dan tekad yang kuat untuk mencapai sukses,jangan setengah-setengah.
"TIDAK AD YANG GAGAL DALAM BISNIS INI...YANG ADA HANYA MEREKA YANG BERHENTI TERLALU CEPAT"
SUKSES^^

Anonim mengatakan...

Untuk belajar bisnis MLM harus membuka pikiran dan mencari informasi yang lengkap agar tidak memandang MLM sebagai bisnis yang tidak baik.

http://topmesinuang.co.cc

Agung Surya mengatakan...

Mo nambahin nih abang2...,MLM yang sah dan baik terdaftar di APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia) dan WFDSA (World Direct Selling Association),,klo nama perusahaan nya gak tercantum di sana ,,just say Good Bye.....!
simplehealthlife.blogspot.com

mlm terbaru mengatakan...

Kiat Memilih Bisnis MLM

Multi Level Marketing atau MLM belakangan ini memang banyak dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam mencari penghasilan tambahan. Apakah anda salah satunya? Intip kiat ini untuk panduan Anda berbisnis!

Banyak ibu rumah tangga yang memanfaatkan waktu luangnya di rumah untuk berbisnis MLM. Bahkan ada lho, yang menjadikan bisnis MLM sebagai penghasilan utamanya. Namun, semua itu bisa terjadi jika sudah sukses pada level tertentu dari jaringan MLM yang diikuti.

Sebenarnya MLM itu apa sih? MLM adalah sebuah bisnis pemasaran atas suatu produk yang dilakukan melalui banyak tingkatan atau level, yang sering disebut dengan up-line (tingkat atas) dan down-line (tingkat bawah). Gampangnya sih, sistem pemasaran dan penjualan atas suatu produk dengan menggunakan sistem jaringan atau networking. Up-line diharuskan untuk mencari down-line sebanyak-banyaknya agar mendapatkan bonus yang berlipat.

Di Indonesia, bisnis MLM makin berkembang dengan pesat dari tahun ke tahun yang menunjukkan bisnis ini mempunyai prospek yang cukup cerah di Indonesia. Alasannya, makin berkembangnya naluri wirausaha saat ini membuat orang berlomba-lomba bekerja keras untuk masa depan yang lebih baik. Kemudian budaya persahabatan dan networking di Indonesia memungkinkan bisnis MLM yang tumbuh dari jaringan dapat berkembang pesat. Faktor pendukung lain di tengah jumlah pengangguran di Indonesia yang semakin membengkak, bisnis MLM ini bisa menjadi solusi karena mampu menciptakan kesempatan kerja yang luas.

Uniknya, bisnis MLM tidak seperti bisnis lainnya yang membutuhkan modal yang besar dan kemampuan yang tinggi. Setiap orang dari latar belakang apa pun dapat menjalankan bisnis ini. Karena suatu manajemen yang mengelola MLM biasanya akan memberikan tambahan pengetahuan bagi anggotanya, baik itu berupa seminar, maupun pelatihan langsung mengenai teknik-teknik pemasaran untuk menjalankan bisnis tersebut.

Lalu perusahaan MLM yang manakah yang sebaiknya kita pilih? Berikut tips khusus untuk Anda :

1. Bila Anda ingin memiliki pelanggan tetap, maka pilihlah perusahaan yang tidak hanya menawarkan barang dan jasa yang seragam, tetapi pilihlah yang memiliki aneka ragam barang dan jasa untuk ditawarkan; dan yang terpenting, memiliki jaminan atas kualitas barang dan jasa yang dijualnya agar bisa ditukar apabila tidak sesuai dengan kualitas yang sebenarnya. salah satunya perusahaan mlm yang paling cepat perkembangnya dan paling banyak peminatnya di indonesia adalah perusahaan mlm melilea.

2. Pilihlah perusahaan yang para distributornya memiliki sistem keberhasilan untuk bisa sukses, di mana sistem tersebut sebaiknya harus sudah teruji dan terbukti mampu mencetak banyak orang menjadi berhasil. Idealnya, sistem tersebut hendaknya bisa dijalankan oleh orang dari berbagai macam latar belakang usia, pekerjaan, pendidikan, jenis kelamin, bahkan oleh mereka yang tidak pernah berbisnis sama sekali. Sistem yang baik biasanya juga menyediakan alat-alat bantu usaha, seperti buku-buku kepribadian, kaset-kaset yang memberikan motivasi dan teknik, serta pertemuan-pertemuan yang bisa dihadiri. Jika ada perusahaan MLM yang menawarkan janji manis hasil besar tanpa harus kerja keras, sebaiknya Anda tinggalkan saja.

3. Nah yang terakhir, untuk menunjukkan suatu perusahaan MLM bonafide atau tidak adalah minimal dengan melihat apakah perusahaan tersebut diterima secara nasional sistem bisnisnya. Biasanya, mereka juga akan mengutarakan visi-misinya bagi kesejahteraan perusahaan dan jaringan distributornya.

Baca informasi tentang Peluang Bisnis Mlm Terbaik dan terbaru di Indonesia, di : bisnis mlm

Penyakit Tumor Rahang mengatakan...

Mkasih nih informasinya sangat berguna sekali...

Poskan Komentar

Tolong gunakan... http:// ...dalam memasukkan URL ..!!
NO SPAM..!

Artikel Bisnis Online Terbaru !

Komentar Bisnis Online Terbaru !

About Me

Foto saya
Blog Berisikan Artikel Informasi Bisnis Online di Internet, Tips Trik Bisnis Terpercaya. ☆ Support: Rusli Zainal Sang Visioner From Riau & Stop Dreaming Start Action SEO Contest.

Bisnis Online | Artikel Internet | Tips Trik Bisnis © 2009 Template by Dicas Blogger.

Contact US | XML | TOP