25 Mei, 2009

Fenomena Merebaknya Buku Bisnis di Toko Offline

Ternyata tambah lagi peluang bisnis tepatnya dibidang menjual informasi, dimana pada pertengahan tahun 2009 ini telah banyak beredar buku-buku membahas tentang bisnis online atau Topic mengenai mencari uang di internet. Saya sempat kaget ketika kemarin pergi ke salah satu toko buku offline terbesar di Bandar Lampung yang mana mendapati terjadi peningkatan secara siknifikan dari jumlah buku bertopik bisnis di internet yang dipajang di toko offline tersebut.

Saya tidak menyangka ternyata secepat itukah perkembangannya? karena semenjak terakhir mengunjungi toko buku tersebut pada akhir tahun 2008 lalu dan membeli salah satu buku mengenai bisnis internet tidak sebanyak seperti sekarang ini, bahkan bisa dihitung.

Akibat merebaknya buku bisnis online yang bermuculan di dunia offline saya pribadi berpendapat dan melihat ada fenomena baru (mungkin bagi saya) Pemasaran yg terjadi baik dari segi positif dan negatifnya..!

Fenomena Positif.
  1. Dengan merebak/ maraknya buku bisnis di toko offline akan berdampak memberikan perluasan pemasaran bagi pebisnis online itu sendiri terutama para penjual produk informasi di internet atau buku elektornik atau juga sering kita kenal dengan istilah Ebook.

  2. Prospek jangka panjang sangat baik bagi pebisnis internet marketing karena dengan bertambahnya cakupan mangsa pasar yg baru tentunya akan memberikan dampak peluang perluasan target penjualan menjadi semakin luas pula.

  3. Faktor terpenting adalah membuka mata dan telinga khalayak ramai bahwa bisnis Internet itu bisa di jadikan Profesi alternatif pekerjaan baru yang cukup menjanjikan.
Fenomena Negatif.

1.Masih adanya didapati pembajakan artikel maupun kutipan-kutipan dari SEBAGIAN buku yang dipasarkan (kebetulan saya membeli beberapa buah buku dan sebagian lainnya sy sempat membacanya disana) diambil dari internet tanpa izin penulisnya maupun sumber asal yang jelas dari tulisan tersebut. Ini tentu saja merugikan terutama bagi mereka/ blogger-blogger yang artikelnya dibajak.

2.Teknik Marketing masih terlihat Sedikit berlebihan, antara judul terlalu heboh dengan isinya biasa-biasa saja… mungkin masih terbawa di dunia online kali yah..? hehe.. Pleace dech jangan lakukan.!! karena karekter target pasar pun pastinya berbeda..! Jangan samakan dunia online dan offline. dan jangan juga rusak/tambah lagi citra bahwa bisnis internet gudangnya para penipu. ;)

Menyimak dari fenomena diatas apakah anda/ blogger pernah terbesit pemikiran untuk menciptakan uang dari artikel blog anda dengan merangkumnya kemudian dijadikan sebuah buku? lalu menjualnya di toko-toko offline..?? Tentunya melalui Prosedur dan mekanisme yang ada..!

21 komentar:

  1. Ya, betul mas. sekarang makin ramai aja penjualan buku-buku bertemakan bisnis internet. Saya mah melihat dari sisi positifnya saja deh, semoga dengan makin merebaknya bisnis ini, bisa mengurangi pengangguran bangsa kita tercinta.
    Nice post

    Keep work

    Ricky Businessman

    BalasHapus
  2. Amin.. semoga saja, btw.. pagi2 udh OL niche.?? met aktivitas..!

    BalasHapus
  3. kira-kira buku apa ya yang bikin orang tertarik pak, saya lagi pengen coba affiliasi amazon buat jualan buku neh.. :D

    BalasHapus
  4. nah kebetulan sy jg kemarin mampir ke gramedia nih mas..hehe..ternyata beberapa memang bener udah banyak yg menyadur tulisan kita blogger2 bisnis.. hehe..:)

    tp gpp lah jadi ikut tenar juga nihh..hehe..kl boleh cantumkan link ke blog kita nih kekeke..biar nambah traffic..

    BalasHapus
  5. @Ecko:
    sepertinya kita bicarakan di Umitra saja kayanya, biar puas.. hue..
    @Yusa:
    Ya juga sich, Itung2 biar nambah pahala! kweke.. btw, link yg mana nih? kog gk mudeng :p

    BalasHapus
  6. bukan cuma buku sekarang ini yang merebak, tapi seminar dengan tema yang sama sudah sampai masuk ke kota aq. mungkin nantinya internet akan mengambil alih fungsi marketinf di dunia offline.

    BalasHapus
  7. klo ngomong buku.. saya jadi inget sebuah buku yang di dalemnya hampir sama persis dgn isi salah satu blog saya.. sedih saya melihat kemiskinan ide dari si penulis... napa gak ada cantumin source ato sumber bacaan gitu... :)

    BalasHapus
  8. besok sore pak beny jam 5 an di umitra gimana..? jangan bilang pak m*rc* ane coment pake key in ya pak.. ane mau buat dia keki aja ntar.. hehehe...

    BalasHapus
  9. hehe.. baru aja kemaren sy ke gramedia, dan emang bener banget ternyata buku yang bertema 'cari duit lewat internet' sudah memenuhi lapak terdepan di label 'komputer' bersaing dengan buku bertema 'facebook'.
    moga2 aja maraknya buku2 tsb memberi pengaruh yang positif, bukan sebaliknya..

    BalasHapus
  10. di blog pertama saya, yg udah lenyap, sya pernah mnyinggung soal bhasan ini.. Waktu itu saya bersama slah seorang blogger senior janjian ktemuan, plangnya mampir ke toko buku 'G'. Di salah satu etalasae berjejer buku2 bisnis online..

    Kami hnya geleng2 kpala aja, 90% yg mnulis buku itu kami samasekali gak kenal mreka siapa. Bhkan blog arw web pun mreka gak pnya. Stelah kmi cba teliti, banyak sekali yg isinya jiplak dri isi blog2 blogger snior... Tmbah geleng2 lg kpala kami...

    10% dri buku yg ada pnlinya saya tau, misal : David Odang, Alex Iskandar, dll. Dan jga ada bbrapa pnulis luar. Jdi beli lah buku2 dngn pnulis yg sdah jelas track recordnya... Isinya pun jauh beda jika dbndingkan dngn buku2 yg dtulis oleh 'unknown'.

    BalasHapus
  11. wa, sekarang emang musimnya maen jiplak...
    gmana ya supa tidak bisa di jiplak mungkin kita bisa tambah securitinya kali ya...

    BalasHapus
  12. he..he....itu yang ikut-ikutan mo cari backlink, karena persaingan secara online begitu ketat, sedangkan persaingan di secara offline tidak begitu ketat.
    Belajar Blog

    BalasHapus
  13. berarti bisnis online akan semakin ramai...coz banyak orang yang semula berbisnis secara offline mereka akan mencoba peruntungan baru di bisnis online...mudah2an. pasar bisnis online akan bertambah terus, terus, dan terus. http://ariabisnis.wordpress.com/

    BalasHapus
  14. Fenomena Negatif.

    3. penjual e-book bakal mengalami penurunan pesanan bahkan bisa jadi tidak laku. karena harga ebook 4-10x lipat *sok tahu* dari harga buku cetak bisnis.

    BalasHapus
  15. BETULLL......... mudah -2 bisnis online terus menjamur ^^ http://bisniszone.net

    BalasHapus
  16. Pasar bisnis online bisa semakin lebih meningkat, selain itu modalnya juga tidak besar.

    Banyak juga yang buat situs untuk buat toko online dengan gratis dan mudah. Selain bisa pasang iklan juga bisa transaksi jual beli.

    BalasHapus
  17. selamat mas sudah nongkrong diperingkat atas di google,semakin berkembangnya dunia internet semakin berkembang pula dunia bisnis dan usaha dan kunjungan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis dan usaha

    BalasHapus
  18. isi dari beberapa buku tersebut dapat di jumpai di internet dan mendapatkannya gratis, jadi buat apa beli kalo ada yang gratis :D

    BalasHapus
  19. dulu saya juga hobby beli buku hardcopy di bookstore tentang blog dan bisnis online, namun ternyata yang versi digital book (ebook) lebih mudah didapatkan dan tidak memakan tempat.
    ngorol seputar bBisnis online emang asyik ya Mas.
    salam Kenal, ditunggu komentar nya di blog saya, thanks

    BalasHapus
  20. saya lagi membuat toko online buku mas. mudah2han berhasil Hehehe...

    BalasHapus
  21. Banyaknya buku-buku yang membahas bisnis online di toko buku seperti gramedia merupakan dampak langsung dari makin tumbuh dan berkembangnya pelaku bisnis online di Indonesia. Tiap tahun jumlahnya bertambah dan wajar saja jika memudian ada IM yang memanfaatkan peluang bisnis ini dengan menyusun buku untuk newbie. Soal plagiat selalu saja ada peluang, semuanya terpulang ke integritas pribadi kita masing-masing.

    BalasHapus

Tolong gunakan... http:// ...dalam memasukkan URL ..!!
NO SPAM..!