17 Juni, 2008

Tutorial Google Adsense

Google Adsense adalah program yang dibuat oleh Google yang menampilkan iklan, maka isi dari iklan adsense tersebut biasanya adalah text link atau gambar yang commersil untuk dipasang pada sebuah website atau blog. Biasanya berupa text atau gambar yang mengandung link atau juga bisa berupa Search box atau kotak untuk pencarian. Google akan membayar pemasang setiap kali link tersebut di klik. Biasanya link atau gambar tersebut akan disesuaikan dengan isi dari website pemasang secara otomatis oleh Google. Misalnya, website pemasang Adsense berhubungan dengan ebok ada hubungannya dengan ebook.


Sekarang ini banyak sekali orang indonesia yang berbondong-bondong menggunakan cara ini untuk mencari uang, bahkan dijadikan sebagai pekerjaan atau penghasilan utama mereka. Ratusan bahkan ribuan dollar bisa mereka hasilkan setiap bulannya. Bagaimana tidak tertarik, cuma dengan modal buat website/blog trus dipasangi iklan bisa menghasilkan penghasilan yang begitu menggiurkan.

Ada beberapa macam type adsense yang disediakan oleh google adsense, yaitu :

1. Adsense for content.
Type ini merupakan type yang biasa. Ini yang paling banyak digunakan orang. Bentuknya yaitu berupa iklan yang kita akan mendapatkan dollar jika ada yang mengklik iklan tersebut dengan kata lainnya yaitu PPC (Paid Per Click). Tapi kadang-kadang kita juga bisa mendapatkan dollar setiap 1000 impression/tampil (Paid Per Impression) , tapi untuk yang ini sepertinya hanya untuk iklan2 tertentu dan dibuka di negara2 tertentu.
Contoh :

2. Adsense for search.
Yang ini bentuknya berupa "Search engine". Kita hanya akan mendapatkan bayaran bila ada orang yang melakukan pencarian melalui search engine yang kita pasang di web/blog kita dan kemudian orang tersebut mengklik pada salah satu hasil pencarian yang berupa iklan, jadi tidak semua hasil pencarian itu berupa iklan yang dibayar. Biasanya yang diberi kotak dan ada tulisannya "Ads by google"
Contoh :


3. Referrals.
Adsense Referrals bentuk sama persis dengan type "for content", cuma bedanya yaitu dari sistem perolehan dollarnya. type ini, kita akan mendapatkan bayaran jika ada yang mendaftar/mendownload/membeli/menggunakan pruduk dari iklan tersebut.

Bagai mana? Kalau kamu mau mencobanya daftar disini

32 komentar:

  1. saya pernah sign up google adsen, tapi ditolak, info-nya karena bahasa-nya tidak dikenal, karena memang website saya menggunakan bahasa indonesia. Apa saya harus rubah menjadi bahasa inggris ?
    Trims

    BalasHapus
  2. @ Lestari : yap memang untuk sekarang ini google adsense tidak mendukung content dengan bahasa Indonesia, klo ingin menampilkan iklan adsense di site/ blog kita sebaiknya menggunakan kontent bahasa Inggris

    BalasHapus
  3. mas katanya blognYA harus basa inggris, maksudnya pa?
    apa postingan yang kita tulis wajib inggris atw.....??
    minta ilmu mas...
    makasiii yaa

    BalasHapus
  4. @ Alvarie : betul sekali broo.. klo mau menampilkan google adsense harus menggunakan postingan bahasa inggrish baru bisa di approve/ disetujui.

    BalasHapus
  5. bukannya bahasa Indonesia sekarang udah bisa disisipi GA y?

    BalasHapus
  6. Progam adsen memang terbukti dan bukan scam..kuncinya adalah mau belajr dan teku..n pintar melihat peluang....

    BalasHapus
  7. Keberulan infonya yang saya cari nih...mau nanya nih...kalo udah ditolak adsense karena bahasanya tidak mendukung, terus saya udah rubah ke bahasa Inggris. saya coba daftar ulang lagi pake email yang sama, jadi ga bisa. katanya waiting aprove...emangnya otomatis ya...mas, akan ada pemberitahuan dari google kalo lamaran kita diterima...thnks info nya...

    BalasHapus
  8. @Onlinebusiness: gini aja.. coba mas buat email baru dan blog baru dengan bahasa inggris tentunya.. kalau sudah diaprove baru nanti dipasang diblog sebelumnya.. soalnya menurut pengalaman blog yng sudah didaftarkan/ ditolak oleh google adsense gak bisa lagi di daftar ulang. Semoga membantu

    BalasHapus
  9. saya sudah ditolak GA, tapi dia mengirimkan email ke saya tentang syaratnya untuk bergabung diGA.
    apakah semua syarat saya harus penuhi untuk bergabung diGA??

    Terimakasih infonya berguna banget nichhh

    BalasHapus
  10. Saya pernah di banner soal adsanse...tapi triksnya sebetulnya minimal ada content bhs.inggris minimal 3...nah, itu paling tidak bisa dan untuk ngibuli google..
    Seandainya emang di banner, coba lagi dengan email yang baru...

    Nah...sebetulnya aku masih taraf belajar buat blog, mohon jangan dihina yach...

    BalasHapus
  11. mas mau tny buat motivasi aja, pendapatan seorang blooger(expert) terbesar berapa, dan rata2 pendapatan seorang blogger(medium) per bulan brp?
    thx...

    How To Open Our Third Eye With Meditation

    BalasHapus
  12. mas,gimana cara pembayarannya?..
    kalo saya tidak punya rekening

    BalasHapus
  13. betul ... tuh mas... gmana ya caranya supaya di approve oleh adsense.. saya berkali.. coba belum di app tuch.

    BalasHapus
  14. oks..tetap semangat ... utk dapat uang di google...

    BalasHapus
  15. mau daftar GA ? tenang, coba aja trus, kalo untuk content kayanya sih susah untuk blog indo, tapi kalo yang search lumayan gampang buat regnya, kalaupun ditolak otomatis GA akan memblokir email dan blog yang kita daftarkan, kalo saran saya pake GA search aja dulu, toh fasilitas yg satu ini bisa kita pasang di mana saja (lebih dari satu blog). sambil nungguin GA Content support untuk bahasa indonesia . contoh saya reg blog WP dan BLOGSPOT tapi jena blokir, sekarang saya coba alamat imel yg baru dengan blog yang baru kalo sempet liat ya di indotop10.web.id (promo hehehe) baru setelah 2 minggu ada balasan dari GA.

    BalasHapus
  16. thnks infonya sob...
    tetap semangat deh buat para pencinta google adsense heeheh
    dolar dolar dolar mengalir terus amin...

    BalasHapus
  17. Mas, kira-kira kalau blog yang bertema kayak blog saya bisa diterima GA gak mas? saya pendatang baru mas... blog saya di http://informasi-edukasi.blogspot.com

    BalasHapus
  18. berapa page rank yang dibutuhkan untuk mendaftar google adsense

    BalasHapus
  19. nice info nih gan.

    sukses selalu yah di GA. ane baru start neeh :)

    BalasHapus
  20. Info yang bermanfaat om.Keep update blogya ya.

    BalasHapus
  21. Saya bisa mendapatkan akun GA kurang dari 24 jam. Cara telah saya share di blog. Blia ingin tahu, lihat saja panduannya di TKP

    BalasHapus
  22. Wah mkasih mas tut0rialnya tentang GA :) membantu sekali

    BalasHapus
  23. lho waktu itu teman saya daftar dengan bahasa indonesia dan GA menyetujui.. apa memang keseluruhan harus bahasa inggris??

    BalasHapus
  24. So..
    akunku belum aktif...
    bagaimana niH....??
    mohon pencerahannya..?
    makasih
    salam kenal...

    BalasHapus
  25. ni dia info yang gue cari2..mantap...

    BalasHapus
  26. Mau hidup sehat kunjungi dan dapatkan penghasilan tambahan, hanya di http://www.tekanini.com/Alexs85

    BalasHapus
  27. kan saya dah bikin akun GA..
    trus saya harus apa???
    tolong infonya gan..
    thx ya..
    pemula nih..
    hehehehe..

    BalasHapus
  28. Makasih infonya. Untuk daftar adsense, apakah kita harus punya banyak artikel dulu ya?

    BalasHapus
  29. Waw...info menarik nih, gugel adsen mmg ttp adsen terbaik dan bnyk diburu blogger 4 make money, namun sayang sy msh blm bs mndapatkan kembali approve dr adsen yg 1 ini ....huft :(
    but, thanx atas infonya nih, keren postingnya....

    BalasHapus
  30. Tanks infonya mas,Sangat membantu..

    BalasHapus

Tolong gunakan... http:// ...dalam memasukkan URL ..!!
NO SPAM..!