14 Juni, 2008

Menulis Produk Informasi

Jangan pernah meragukan kemampuan anda sendiri. Jika anda berpikir tidak bisa menulis, anda salah besar. Baca-tulis sebenarnya sudah melekat pada setiap orang. Kecuali jika anda memang buta aksara. Tapi kalau anda bisa baca tulisan ini, tidak mungkin anda buta aksara khan?? Anda bisa minta bantuan teman anda untuk menulis seuatu. Ada beberapa cara menulis itu:

Pertama, lakukan MIRRORING atau mengulah tulisan orang dan mengemas dalam bentuk yang baru sesuai dengan pola pikir dan ide anda sendiri.
Kedua, lakukan KEYWORDING atau berangkat dari kata kunci yang berhubungan dengan ide yang akan anda tulis. Mudah sekali, lakukan mindmap atau petekan pikiran anda. Lalu lakukan penggabungan kata menjadi paragrap.

Anda tidak perlu JAGO MENULIS, tapi tau apa yang akan anda bicarakan.
Ide mudah dicari, jika anda kesulitan manfaatkan kepandaian orang. Misalnya dengan cara bagaimana anda bisa menggali tulisan orang dengan mencantumkan nara sumbernya atau berbagi pendapat, bertukar pikiran dengan orang-orang yang ahli. Orang ahli disini bukan orang terkenal, tapi mungkin kawan anda yang sudah menggeluti sebuah bidang dalam kurun waktu yang lama… 90% orang itu mau berbagi pengalaman dan anda mampu menuliskannya… Percaya dan COBA..

2 komentar:

  1. Yes, menulis itu sebenarnya sederhana seperti berbicara. Kita hanya perlu membiasakannya seperti sejak kecil kita terbiasa berbicara.

    selain itu, untuk bisnis, kita juga bisa menyewa penulis untuk menuliskan ide dan pikiran kita menjadi buku atau ebook. meskipun mengeluarkan sedikit biaya, tapi hasilnya bisa kembali dari hasil penjualan.

    salam,
    BangDul

    BalasHapus
  2. Salut dengan tulisannya tentang menulis, pendek tapi inspiratif. Salam kenal..

    BalasHapus

Tolong gunakan... http:// ...dalam memasukkan URL ..!!
NO SPAM..!